HUT POLWAN: Begini Cara Polwan Banyumas Unjuk Eksistensi

Menjelang hari ulang tahunnya pada 1 September mendatang, Polwan di Polres Jawa Tengah punya cara khusus menunjukkan eksistensinya.
Newswire | 23 Agustus 2018 09:39 WIB
Ilustrasi: Polwan yang tergabung dalam Kartini Anti-Bandit bersiap melakukan patroli, di Polrestabes Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (20/4). Tim yang beranggotakan para polwan tersebut diharapkan dapat memberi rasa aman kepada warga Surabaya. - Antara/Zabur Karuru

Bisnis.com, PURWOKERTO - Menjelang hari ulang tahunnya pada 1 September mendatang, Polwan di Polres Jawa Tengah punya cara khusus menunjukkan eksistensinya.

Puluhan wanita polisi anggota Kepolisian Resor Banyumas, Jawa Tengah, melakukaan unjuk kekuatan (show of force) dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-70 Polisi Wanita (Polwan).

Dalam kegiatan yang diberangkatkan oleh Kepala Polres Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi Bambang Yudhantara Salamun dari Jalan Kabupaten sebelah utara Alun-Alun Purwokerto, Banyumas, Kamis (23/8/2018) pagi, seluruh personel Polwan Polres Banyumas berkeliling kota Purwokerto. Mereka mengendarai sejumlah kendaraan polisi, baik sepeda motor maupun mobil.

Saat ditemui wartawan, Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun mengatakan kegiatan simpatik tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT Ke-70 Polwan yang jatuh pada tanggal 1 September 2018.

Menurut dia, kegiatan tersebut diawali dengan patroli bersama yang dilakukan oleh seluruh Polwan Polres Banyumas serta pembagian cendera mata berupa 1.500 bolpoin untuk pelajar yang melintas di Jalan Jenderal Soedirman sebelah selatan Alun-Alun Purwokerto.

"Jadi intinya untuk memperkenalkan dan menginformasikan kepada seluruh masyarakat Banyumas bahwa polwan ini eksis. Polwan ini secara aktif melaksanakan tugas-tugas Kepolisian, bukan hanya bekerja di belakang meja atau menjadi pelengkap tetapi mereka adalah tenaga-tenaga inti dari Polri," katanya.

Dengan demikian, kata dia, kegiatan tersebut diharapkan membuat masyarakat membuka matanya dan mengetahui bahwa Polwan sangat eksis dan diandalkan oleh Polres Banyumas.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan tugas rutin Kepolisian saat ini, pihaknya benar-benar mengedepankan fungsi Kepolisian yang humanis sehingga dalam setiap pelaksanaannya, baik wanita polisi maupun laki-laki polisi diharuskan memberikan senyum, sapa, salam, sopan, dan santun (5S) dalam melaksanakan aktivitas bersama masyarakat.

"Bukan hanya pelayanan di tempat-tempat tertentu, tetapi dalam setiap kegiatannya harus mengedepankan 5S tadi," tegasnya.

Ia mengakui jika jumlah Polwan di Polres Banyumas belum ideal karena baru sekitar 80 orang dari total anggota yang mencapai kisaran 1.430 orang.

"Kalau jumlah idealnya, kita menyesuaikan kebutuhan saja. Oleh karena itu, salah satu misi kegiatan ini adalah menarik animo masyarakat agar pada saat pendaftaran berikutnya bisa mendaftarkan anak-anak perempuannya menjadi wanita polisi karena memang Polri butuh Polwan," katanya.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan selain unjuk kekuatan dan patroli bersama, rangkaian kegiatan peringatan HUT Ke-70 Polwan di wilayah hukum Polres Banyumas juga diisi dengan pemberian edukasi kepada para orang tua khususnya ibu-ibu rumah tangga oleh Polwan di sejumlah kecamatan.

Selain itu, kata dia, Polwan Polres Banyumas menjadi inspektur upacara di sekolah-sekolah dan kegiatan Polwan sahabat anak dengan memberikan edukasi bagi anak-anak di tingkat taman kanak-kanak dan sekolah dasar.

Sementara Ketua Pelaksana Peringatan HUT Ke-70 Polwan Polres Banyumas Ajun Komisaris Polisi Endang Sri Wahyuni mengatakan melalui kegiatan Polwan menjadi inspektur upacara di sekolah-sekolah, pihaknya sebenarnya ingin menjangkau sekolah sebanyak-banyaknya.

"Namun kemarin terkendala dengan kesibukan peringatan HUT Ke-73 RI di sekolah-sekolah, jadi kemarin ada empat SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) yang kami datangi," katanya.

Sumber : Antara

Tag : polwan
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top