KTT AS-Korut: Trump & Kim Jong-un Bakal Tanda Tangani Kesepakatan?

Pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un hari ini dinyatakan telah membuat banyak kemajuan.
Renat Sofie Andriani | 12 Juni 2018 12:41 WIB
Trump dan Kim Jong-un Berbicara di depan media - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA – Pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un hari ini dinyatakan telah membuat banyak kemajuan.

Kedua pihak bahkan disebut mengharapkan untuk menandatangani suatu perjanjian.

“Banyak kemajuan, sangat sangat positif. Saya pikir lebih baik dari yang diharapkan siapa pun. Top of the line, sangat baik. Kami akan bergerak menuju penandatanganan,” ungkap Trump kepada awak media, seperti dikutip Reuters.

Meski demikian, Trump tidak memaparkan lebih lanjut terkait penandatanganan tersebut.

Komentarnya itu disampaikan saat ia dan Kim Jong-un berjalan berkeliling Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, setelah bersantap siang bersama deretan pejabat pemerintahan masing-masing negara.

Pertemuan makan siang itu menjadi agenda resmi yang mengakhiri pertemuan bersejarah kedua pemimpin paling kontroversial tersebut hari ini.

Sebelum makan siang berlangsung, keduanya melakukan pertemuan tertutup yang dilanjutkan dengan pertemuan bilateral dengan didampingi sejumlah pejabat pemerintahan.

Menjawab pertanyaan awak media mengenai bagaimana pertemuan itu berlangsung, Trump berkata, “Sangat baik. Sangat, sangat baik. Hubungan yang baik.”

Kim juga terdengar positif tentang prospeknya. “Kami mengatasi semua jenis skeptisisme dan spekulasi tentang KTT ini dan saya percaya bahwa hal ini baik untuk perdamaian,” katanya.

Berikutnya, Trump dijadwalkan akan mengadakan konferensi pers pada jam 4 sore waktu setempat sebelum terbang kembali ke Gedung Putih. Diharapkan, akan ada lebih banyak informasi dan rincian dari pertemuan hari ini.

Disaksikan dunia internasional, Trump dan Kim Jong-un pagi tadi untuk pertama kalinya bertatap muka dan menggelar pertemuan dengan agenda untuk membicarakan masalah denuklirisasi Korea Utara. Trump berharap Korut bersedia melucuti ambisi persenjataan nuklir dan rudal mereka sebagai balasan atas bantuan ekonomi.

 

Tag : kim jong un, Donald Trump
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top