Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AS Janjikan Kemakmuran Pada Korut

Amerika Serikat akan membantu membangun kembali ekonomi Korea Utara. Janji itu disampaikan dengan syarat Korut setuju menyerahkan senjata nuklirnya. Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un memberi panduan program senjata nuklir dalam foto tak bertanggal yang  dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara Korea Utara./Reuters
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un memberi panduan program senjata nuklir dalam foto tak bertanggal yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara Korea Utara./Reuters

 

Bisnis.com, JAKARTA--Amerika Serikat akan membantu membangun kembali ekonomi Korea Utara. Janji itu disampaikan dengan syarat Korut setuju menyerahkan senjata nuklirnya. Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

"AS akan siap untuk bekerja dengan Korea Utara untuk mencapai kemakmuran yang setara dengan teman Korea Selatan kami," katanya kepada wartawan sebagaimana dikutip BBC.com, Minggu (13/5/2018).

Pompeo, yang baru saja kembali dari Pyongyang, mengatakan bahwa dia telah melakukan perundingan yang "baik" dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Kim dan Presiden AS Donald Trump akan bertemu di Singapura pada 12 Juni mendatang.

"Jika Kim memilih jalan yang benar, ada masa depan yang penuh dengan perdamaian dan kemakmuran bagi rakyat Korea Utara," kata Pompeo setelah bertemu Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Kang Kyung-wha di Washington.

Pompeo mendesak Pyongyang mengambil "tindakan berani untuk melakukan denuklirisasi dengan cepat".

Namun dia menekankan bahwa hal itu akan membutuhkan program "verifikasi kuat" oleh AS dan negara-negara lain.

Selama kunjungan Pompeo yang mengejutkan ke Korea Utara minggu ini, Pyongyang membebaskan tiga tahanan AS.

Setelah berakhirnya perang Korea pada 1953, Korea Selatan, sekutu Amerika Serikat, memeluk filsafat kapitalis. Negara itu telah berkembang menjadi salah satu negara Asia yang paling makmur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper