ITDC Siapkan 2,5 Hektare Lahan untuk UMKM di Mandalika

PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan memulai proses pembangunan area Mandalika Bazaar yang menjadi zona usaha mikro, kecil, dan menengah untuk menawarkan produknya.
Eka Chandra Septarini | 18 April 2018 12:36 WIB
Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB. - Antara

Bisnis.com, LOMBOK TENGAH – PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan memulai proses pembangunan area Mandalika Bazaar yang menjadi zona usaha mikro, kecil, dan menengah untuk menawarkan produknya.

Zona ini akan dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektare dan direncanakan dapat menampung sekitar 300 pelaku UMKM.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan para pelaku usaha di zona ini akan diprioritaskan berasal dari UMKM lokal yang selama ini telah berjualan di kawasan Mandalika.

"Sistemnya sewa dengan biaya ringan. ITDC secara berkala dan berkelanjutan juga akan melakukan pembinaan dan peningkatan kapasitas pelaku UMKM di sekitar Mandalika," ujarnya di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada Rabu (18/4/2018).

Sebelumnya, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) NTB yang juga Komisaris ITDC, Lalu Gita Ariyadi, mengatakan sistem sewa akan diterapkan pengelola kawasan kepada para pedagang asongan dan UMKM yang akan direlokasi sebesar Rp5.000 per hari.

Gita menyebutkan ITDC dibantu Kementerian Koperasi dan UKM serta konsultan pendamping akan melakukan pembinaan mulai dari hospitality, manajemen usaha hingga bantuan permodalan.

Lokasi Bazaar Mandalika berdekatan dengan lokasi areal parkir sehingga semua pengunjung yang akan masuk ke area kawasan akan melalui lokasi ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
KEK Mandalika

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top