Wiranto: Perbatasan Harus Selalu Diperkuat

Pembangunan di daerah perbatasan dinilai perlu ditingkatkan dari pendekatan keamanan dan pertahanan nasional.
Lingga Sukatma Wiangga | 17 April 2018 15:32 WIB
Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto - Antara/M Agung Rajasa

Kabar24.com, JAKARTA — Pembangunan di daerah perbatasan dinilai perlu ditingkatkan dari pendekatan keamanan dan pertahanan nasional.

Hal itu dinyatakan Menteri Koordinator Bidang Politik,  Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto.

Sebabnya, ancaman saat ini sudah berubah tidak lagi berorientasi pada serangan-serangan militer dari negara lain. namun berubah menjadi serangan yang multidimensi.

"Ada serangan narkoba, ada human trafficking, ada radikalisme, terorisme, illegal fishing, illegal logging, semua itu ancaman-ancaman yang melalui perbatasan," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (17/4/2018). 

Oleh karena itu, menurutnya jika perbatasan di Indonesia lemah, longgar, atau bahkan kosong dari pengamanan maka ancaman akan mudah masuk.

Sehingga, dengan adanya pembangunan perbatasan, adanya infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah, maka akan menumbuhkan satu pemukiman baru yang nantinya akan memperkuat pertahanan nasional.

"Artinya bahwa pembangunan perbatasan ini mutlak dan harus segera dipercepat, dan itu dilaksanakan dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri sebagai Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan [BNPP]," terangnya.

Tag : jokowi, menkopolhukam, wiranto
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top