Sebelum Lebaran, Penataan Pantai Kuta Lombok Rampung

Penataan kawasan pantai Kuta di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika ditargetkan rampung sebelum Idulfitri 2018.
Eka Chandra Septarini | 11 April 2018 09:09 WIB
Wisatawan mancanegara mengunjungi Pantai Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (10/10). - ANTARA/Ahmad Subaidi

Bisnis.com, MATARAM -- Penataan kawasan pantai Kuta di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika ditargetkan rampung sebelum Idulfitri 2018.

Komisaris PT Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) Lalu Gita Ariyadi mengatakan proses penataan kawasan tersebut selanjutnya akan dilanjutkan dengan pembangunan 2 hektare (ha) bazaar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) asal Nusa Tenggara Barat (NTB) dan area parkir di samping Masjid Nurul Bilad.

"Penataan area publik Pantai Kuta, Insyaallah bulan Mei-Juni 2018 tuntas sebelum Lebara," ujarnya melalui pesan singkat yang diterima Bisnis.com di Mataram, Rabu (11/4/2018).

Selain itu, Hotel Pullman yang dibangun oleh ITDC selaku pengelola kawasan, juga ditargetkan masuk pada tahap akhir pembangunan fisik dan selesai pada akhir November 2018. Hal ini untuk mengejar target pembukaan hotel dengan 275 kamar tersebut pada awal tahun depan.

KEK Pariwisata Mandalika, Lombok kini menjadi salah satu daerah tujuan investasi yang menarik. Apalagi, pemerintah telah menetapkan untuk fokus pengembangan pada 4 destinasi, termasuk Mandalika, dari 10 daerah wisata prioritas ’Bali Baru’ di berbagai daerah.

Qatar merupakan salah satu investor yang menyatakan minat untuk melakukan investasi di KEK Mandalika. Qatar tertarik berinvestasi di tiga area yaitu di lokasi rencana pembangunan marina, lokasi pengembangan golf, dan lokasi luxury area untuk perhotelan di sisi timur kawasan.

Selain KEK Mandalika, 10 destinasi wisata prioritas yang telah ditetapkan oleh pemerintah adalah Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di Jakarta, Borobudur di Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, dan Morotai di Maluku Utara.

 

 

Tag : lombok, pariwisata
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top