Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tokoh Apartheid Winnie Mandela Telah Berpulang

Para pegiat hak asasi manusia menyampaikan penghormatan terakhir kepada pegiat apartheid Afrika Selatan, Winnie Mandela yang meninggal dunia pada usia 81 tahun kemarin waktu setempat.
Winnie Madikizela-Mandela/Reuters
Winnie Madikizela-Mandela/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Para pegiat hak asasi manusia menyampaikan penghormatan terakhir kepada pegiat apartheid Afrika Selatan, Winnie Mandela yang meninggal dunia pada usia 81 tahun kemarin waktu setempat.

Peraih Nobel Perdamaian, Uskup Agung Desmond Tutu mengatakan bahwa dia terinspirasi oleh 'keberanian melawan' yang diperlihatkan Winnie.

Sementara itu pegiat hak sipil Amerika Serikat, Jesse Jackson menulis pesan di Twitter yang menyebut pada masa-masa tergelap dalam perjuangan untuk membebaskan Afrika Selatan, dengan Nelson Mandela berada di penjara, maka wajah harapan dan keberanian adalah Winnie Mandela.

Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa menggambarkan wanita itu sebagai pembela keadilan dan kesetaraan yang tidak henti-hentinya memperjuangkan kaum yang tidak memiliki dan tersingkirkan.

Winnie Mandela, menurut juru bicara keluarga, Victor Dlamini, meninggal dunia setelah menderita sakit dengan masuk dan keluar rumah sakit sejak awal tahun ini.

"Dia meninggal secara tenang pada Senin sore, dikelilingi keluarga dan orang-orang tercinta," ujarnya sebagaimana dikutip BBC.com, Selasa (3/4/2018).

Winnie Madikizela Mandela adalah mantan istri presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan, Nelson Mandela.

Pasangan yang terkenal lewat foto mereka bergandengan tangan saat Mandela bebas setelah dipenjarakan selama 27 tahun tersebut, adalah simbol perjuangan antiapartheid selama hampir 30 tahun.

Meskipun demikian, pada tahun-tahun terakhir, nama baiknya tercemar secara hukum dan politik.

Winnie Mandela lahir pada tahun 1936 di Eastern Cape yang saat itu bernama Transkei. Dia bekerja sebagai pekerja sosial terampil saat bertemu calon suaminya di tahun 1950-an. 

Mereka menikah selama 38 tahun, tetapi selama hampir tiga dekade mereka terpisah karena Mandela dibui.

Meskipun pasangan ini berpisah dua tahun setelah pembebasannya dan bercerai pada tahun 1996, Winnie tetap memakai nama keluarga Mandela dan tetap memelihara hubungan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper