Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Siarkan Pembangunan Tol Padang Lewat 'Instastory'

Presiden Joko Widodo sering menghadiri acara peresmian rencana pembangunan atau pemancangan tiang perdana (groundbreaking) proyek infrastruktur.
Instagram Jokowi
Instagram Jokowi

Bisnis.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo sering menghadiri acara peresmian rencana pembangunan atau pemancangan tiang perdana (groundbreaking) proyek infrastruktur.

Seperti pada hari ini, Jumat (9/2/2018), Presiden menghadiri acara peresmian rencana pembangunan proyek jalan tol Trans Sumatera dengan ruas Padang-Bukittinggi-Pekanbaru.

Presiden meresmikan rencana pembangunan tahap I dari ruas tersebut yaitu ruas Padang-Sicincin. Peresmian dilaksanakan di lokasi proyek yaitu di Jalan Padang Bypass Kilometer 28, Padang, Sumatera Barat.

Acara itu biasanya diliput oleh wartawan media massa. Informasi mengenai kegiatan presiden tersebut kemudian menyebar dan diterima oleh masyarakat. Namun, informasi mengenai kegiatan Presiden tersebut tidak hanya diproduksi dan didistribusikan oleh media massa konvensional.

Presiden juga memanfaatkan akun media sosial miliknya untuk menyiarkan mengenai kegiatannya. Dalam acara peresmian rencana pembangunan jalan tol Padang-Sicincin, Presiden juga menyiarkan kegiatannya melalui akun Instagram miliknya yang sudah terverifikasi yaitu @jokowi.

Sekitar pukul 17.00, akun @jokowi menyiarkan sejumlah potongan gambar bergerak di fitur Instagram Story atau yang sering disingkat sebagai Instastory. Setiap gambar bergerak itu berdurasi kurang dari 30 detik. Selain itu, akun yang sama juga menyiarkan secara langsung ketika Jokowi berdiri di atas panggung acara. 

Instastory itu hanya menyiarkan informasi secara sepotong atau tidak lengkap. Telepon genggam yang dipakai untuk merekam gambar tersebut kemungkinan besar tidak dipegang oleh Presiden sendiri. Dalam salah satu gambar, Presiden tampak berdiri di atas panggung dan dirinya direkam oleh orang lain.

Bukan kali ini saja Presiden memanfaatkan akun media sosial untuk menyiarkan kegiatannya di berbagai tempat. Selain Instastory, Presiden juga secara berkala mengunggah di Instagram foto dirinya dalam berbagai ruang dan waktu. Di samping Instagram, Jokowi juga memiliki akun Facebook dan Twitter yang sudah diverifikasi oleh pihak pengelola media sosial tersebut. 

Verifikasi menunjukkan bahwa identitas akun tersebut dimiliki oleh seseorang dengan identitas yang sama di dunia nyata. Di Instagram, Jokowi memiliki 7,9 juta pengikut atau salah satu yang tertinggi di antara para pemimpin di Asia Tenggara di jagat media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper