Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Kampung ATM di Biak Numfor

Kampung ATM menjadi salah satu identitas di wilayah Biak Barat, Kabupaten Biak Numfor, Papua.
Suasana salah satu pantai di Biak di Papua/Istimewa
Suasana salah satu pantai di Biak di Papua/Istimewa

Kabar24.com, BIAK - Kampung ATM menjadi salah satu identitas di wilayah Biak Barat, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Jangan bayangkan Kampung ATM sebagai kampung dengan jajaran ATM Centre tempat anjungan tunai mandiri berderet tempat orang mengambil uang.

ATM di Biak ini adalah kepekan dari aman, tertib, dan mandiri. Itulah komitmen dalam mewujudkan keamanan dan kertertiban masyarakat (kamtibmas) did wilayah ini melalui pembentukan ATM dimaksud.

Pembentukan kampung ATM di sejumlah desa dilakukan jajaran Kepolisian Resor Biak Numfor, kata Pejabat Sekretaris Distrik Biak Barat Frida Womsiwor di Biak, Minggu (4/2/2018).

Ia menjelaskan, tujuan pembentukan kampung ATM guna meningkatkan partisipasi nyata masyarakat setempat dalam menjaga kamtibmas di lingkungan tempat tinggalnya.

"Kami sangat mendukung adanya program kampung ATM karena menjadi mitra polisi demi menjaga keamanan dan kenyamanan warga di kampung," ujarnya.

Melalui pelayanan kampung ATM, kata Frida, masyarakat dapat berkomunikasi dengan aparat Polri dalam upaya menyikapi berbagai masalah yang muncul di tengah kehidupan warga.

Pembentukan kampung ATM digagas Kapolres Biak AKBP Rachmad Amsori di wilayah Distrik Biak Barat, menurut dia, perlu mendapat apresiasi dari pemerintah distrik karena telah memberikan ruang bagi komponen masyarakat untuk menyampaikan berbagai informasi menyangkut kamtibmas.

"Kampung ATM dapat mendekatkan kecintaan warga dengan personel Polri dalam mengayomi dan melindungi masyarakat," ucapnya.

Secara terpisah, tokoh adat Biak Barat Calvin Mofu mengatakan bahwa pembentukan kampung ATM akan mendorong peran aktif masyarakat dalam melapor setiap persoalan yang muncul di tengah warga.

"Saya memberikan apresiasi atas pembentukan kampung ATM oleh Polres Biak Numfor karena sangat efektif dalam mendeteksi ancaman kamtibmas di setiap desa," katanya.

Kampung ATM yang menjadi salah satu program kerja Kapolda Papua Irjen Pol. Boy Rafli Amar merupakan singkatan dari komunikasi aktif membangun peradaban utama nilai-nilai gotong royong demi terwujudnya aman, tertib, dan mandiri di tengah masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper