Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketua Komisi II DPR : Pilkada, Pileg, dan Pilpres Bakal Aman

Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali optimistis Pilkada 2018 akan berjalan aman, karena penegak hukum sudah mengantisipasi kemungkinan adanya konflik di pilkada serentak 2018.
Ilustrasi/JIBI-Dwi Prasetya.jpg
Ilustrasi/JIBI-Dwi Prasetya.jpg

Kabar24.com, JAKARTA - Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali optimistis Pilkada 2018 akan berjalan aman, karena penegak hukum sudah mengantisipasi kemungkinan adanya konflik di pilkada serentak 2018.

"Memang kalau dilihat dari indeks kerawanan potensi konfliknya sih memang besar, tapi saya meyakini bahwa penyelenggara dan aparat penegak keamanan sudah siap,” ujarnya, Selasa (9/1/2017).

Dia juga meyakini masyarakat sudah siap megantisipasi berbagai kemungkinan.
Amali berharap, pengalaman Pilkada DKI pada 2017 lalu tidak berlanjut pada pilkada di 171 daerah pada tahun ini.

"Kita melihat pengalaman ketika Pilkada DKI Jakarta yang lalu begitu menguras banyak energi dan perhatian kita ke situ, maka itu tidak diharapkan terulang di daerah-daerah lain khususnya di pulau Jawa ya," ujarnya.

Menurut Zainudin apa yang disampaikan KPU bahwa potensi konflik di Pilkada serentak 2018 lebih besar dari pelaksanaan sebelumnya, merupakan bentuk antisipasi KPU dan aparat penegak hukum. Kalau terjadi konflik dan kemudian berkepanjangan maka itu akan berakibat pada pelaksanaan Pileg dan Pilpres,” ujarnya.

Pilkada serentak dilaksanakan pada Juni mendatang. Sedangkan pelaksanaan pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden serentak dilakukan pada April 2019.

Kekhawatiran KPU dinilai wajar sekaligus menjadi imbauan kepada seluruh komponen bangsa untuk menjaga agar Pilkada 2018 bisa berlangsung baik, aman dan tenteram.

"Walaupun pasti ada ekses-eksesnya tapi tidak terlalu signifikan yang akan mengganggu persiapan pileg dan Pilpres 2019," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper