Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sudirman Said Jaring Bakal Cawagub, Ini Nama-namanya

Bakal calon gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said, mengaku telah mengerucutkan nama-nama calon pendamping menjelang masa pendaftaran Pemilihan Gubernur Jateng 2018.
Sudirman Said/JIBI-Dedi Gunawan
Sudirman Said/JIBI-Dedi Gunawan

Kabar24.com, JAKARTA — Bakal calon gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said, mengaku telah mengerucutkan nama-nama calon pendamping menjelang masa pendaftaran Pemilihan Gubernur Jateng 2018.

Kandidat bakal calon wakil gubernur itu adalah Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Ferry Juliantono, Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Tegalrejo Yusuf Chudlori, mantan Wakil Gubernur Jateng Rustriningsih.

Selain itu, Wakil Bendahara Umum DPP Partai Golkar Ariyanti Dewi, dan putra Ketua Dewan Syuro Partai Persatuan Pembangunan Maimoen Zubair seperti Gus Yasin.

"Nama-nama tersebut merupakan orang-orang baik dan diusulkan oleh tokoh-tokoh yang baik pula," kata Sudirman di Jakarta, Selasa (2/1/2017).

Sudirman mengatakan nama final cawagub akan diumumkan sebelum 10 Januari 2017 atau hari terakhir pendaftaran. Karena itu, mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral tersebut segera berkonsultasi dengan partai pengusung.

"Kriterianya integritas, kapabilitas, elektabilitas, dan chemistry atau kompatibalitas," ujarnya.

Sudirman dipastikan menggenggam tiket pencalonan kepala daerah Jateng setelah mendapatkan rekomendasi dari Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Amanat Nasional.

Di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jateng, gabungan tiga partai itu memiliki 29 kursi. Jumlah tersebut melebihi minimal 20 kursi untuk mengusung pasangan cagub-cawagub.

Kendati bukan kader, tiga partai tersebut memberikan keleluasaan kepada Sudirman untuk memilih pendamping.

"Di Jateng, Sudirman Said belum ada calon wakil. Insya Allah kami cari dan akan ditemukan," kata Presiden PKS Sohibul Iman, pekan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper