Prabowo Subianto: Sudirman Said Harus Cari Wakil yang Antikorupsi

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto membebaskan Sudirman Said mencari pasangan dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018 asalkan memenuhi sejumlah kriteria terutama integritas.
Samdysara Saragih | 13 Desember 2017 18:56 WIB
Prabowo Subianto (kedua kiri) saat mengumumkan Sudirman Said (ketiga kiri) sebagai calon gubernur Jawa Tengah yang diusung Partai Gerindra - Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA — Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto membebaskan Sudirman Said mencari pasangan dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018 asalkan memenuhi sejumlah kriteria terutama integritas.

“Jadi harus sosok yang utamakan kepentingan bangsa. Tidak korup dan tidak akan korup,” ujarnya di Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Guna mencari calon wakil gubernur, Prabowo mengatakan Gerindra telah berkonsultasi intensif dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Di samping itu, mantan Panglima Kostrad ini tetap membuka komunikasi dengan partai lain di tingkat pusat maupun daerah.

Idealnya, tambah Prabowo, selain memiliki rekam jejak baik, cawagub harus memiliki kecocokan pribadi dengan calon gubernur (cagub).

Dia mencontohkan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno memiliki kriteria tersebut.

Menanggapi permintaan itu, Sudirman Said mengatakan kecocokan pribadi dengan calon Jateng-2 memang penting. Di samping itu, dia pun berharap pasangannya dalam Pilgub Jateng 2018 memiliki integritas, kapabilitas, dan elektabilitas.

“Karena kebetulan saya sudah lama tak di Jateng. Jadi diperlukan basis yang kuat untuk wakil,” ujar Sudirman.

Lantaran Gerindra harus berkoalisi, Sudirman menyebutkan sosok cawagub harus diterima oleh parpol mitra. Dia pun tidak keberatan apabila kelak cawagub yang diajukan merupakan kader parpol koalisi.

Tag : gerindra, sudirman said
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top