Presiden Jokowi Tinjau Dampak Banjir di Gunung Kidul

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau dampak kerusakan yang terjadi akibat banjir dan tanah longsor di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Rio Sandy Pradana | 09 Desember 2017 18:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau dampak kerusakan yang terjadi akibat banjir dan tanah longsor di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu 9/12/2017). - Biro Pers Setpres

Kabar24.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau dampak kerusakan yang terjadi akibat banjir dan tanah longsor di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jokowi juga ingin memastikan korban bencana tersebut mendapatkan penanganan yang baik.

"Kita mau lihat lapangan, terutama yang terkait dengan korban serta infrastruktur dan fasilitas pendidikan yang rusak-rusak," kata Presiden Jokowi dalam keterangan resmi, Sabtu (9/12/2017).

Saat peninjauan, Presiden juga mencari tahu seberapa banyak anggaran yang harus dialokasikan oleh pemerintah daerah dan pusat untuk melakukan pemulihan fasilitas-fasilitas yang rusak karena bencana.

Presiden memberi target untuk perbaikan jembatan tersebut harus dapat diselesaikan paling lambat tiga bulan ke depan.

Adapun terkait dengan penanganan bagi para korban, Jokowi memastikan bahwa pelayanan dasar dan kesehatan sudah dapat diberikan secara baik. Paling penting, ia menginginkan kegiatan belajar-mengajar anak-anak sekolah tidak terganggu.

Untuk diketahui, banjir dan tanah longsor yang melanda Kabupaten Gunung Kidul beberapa hari terakhir mengakibatkan sejumlah jembatan dan fasilitas publik lainnya rusak. Kerusakan tersebut mengakibatkan ratusan warga terisolasi dan harus memutar sepanjang puluhan kilometer untuk mencapai daerah lain.

Presiden pun menugaskan jajarannya untuk segera menangani hal itu. Tak terbatas pada Kabupaten Gunung Kidul saja, tapi juga daerah sekitarnya yang terkena bencana karena adanya cuaca ekstrem dan banjir bandang yang melanda.

 

 

Tag : jokowi
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top