Pergantian Panglima TNI Sudah Tepat

Pengamat militer menilai Hadi Tjahjanto menjabat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia pada saat yang diperlukan.
Regi Yanuar Widhia Dinnata | 09 Desember 2017 16:45 WIB
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kedua kanan) bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kanan) melakukan salam komando usai upacara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Kabar24.com, JAKARTA – Pengamat militer menilai Hadi Tjahjanto menjabat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia pada saat yang diperlukan.

Connie Rahakundini Bakrie, pengamat militer, menyampaikan Hadi Tjahjanto menerima jabatan baru sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam waktu yang tepat. Hal ini karena tidak berdekatan dengan tahun politik yang akan dimulai sejak 2018 dan puncaknya pada 2019.

Menurutnya, serah terima jabatan  Panglima TNI dari Jenderal TNI Gatot Nurmantyo kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah dimuluskan oleh Komisi I DPR untuk mengantisipasi hal yang bisa terjadi pada saat pemilihan umum nanti. Selain itu, hal ini dapat meredakan situasi politik yang saat ini banyak dikomentari oleh Gatot Nurmantyo.

"Panglima TNI sebelumnya, berpolitik seperti memberi penilaian dan pernyataan. Hal ini sudah di luar kerja sebagai Panglima TNI yang seharusnya menjaga keamanan nasional," kata Connie, Sabtu (9/12/2017).

Beberapa waktu lalu Gatot Nurmantyo lebih banyak menghabiskan waktu untuk lebih dekat dengan rakyat melalui beberapa kegiatan seperti mengunjungi masjid, kampus, dan lain-lain. Padahal, seharusnya Panglima TNI berada di lingkungan militer.

Kendati demikian, Connie mengatakan sertijab Panglima TNI dari Gatot Nurmantyo kepada Hadi Tjahjanto merupakan hal yang lumrah terjadi dan tidak bertentangan dengan undang-undang. Adapun sertijab ini diterima mengingat masa jabatan dari Gatot Nurmantyo akan segera berakhir.

Seperti diketahui, sertijab Panglima TNI telah berlangsung secara lancar pada pagi ini di Markas Besar TNI di Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12/2017). Adapun sertijab ini dilaksanakan setelah sehari sebelumnya pada Jumat (8/12/2017) Hadi Tjahjanto dilantik di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Tag : panglima tni
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top