Pemerintah Panggil Dubes AS Untuk Indonesia

Pemerintah Indonesia dilaporkan telah memanggil Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr, soal pengumunan pengakuan sepihak pemerintah AS atas Jerusalem sebagai Ibu Kota Israel.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 08 Desember 2017  |  17:36 WIB
Pemerintah Panggil Dubes AS Untuk Indonesia
Duta Besar Amerika Serikat Joseph R. Donovan JR menyampaikan materi kuliah umum di Griya Agung Palembang, Sumatra Selatan, Selasa (4/4). - Antara/Nova Wahyudi

Bisnis.com, BOGOR -- Pemerintah Indonesia dilaporkan memanggil Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr, soal pengumunan pengakuan sepihak pemerintah AS atas Jerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan dalam kesempatan tersebut, pemerintah juga kembali menegaskan sikap resmi Indonesia terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina.

"Kami sudah lakukan dan sudah kami laporkan kepada Bapak Presiden bahwa kemarin sore saya sudah memanggil duta besar AS," kata Retno, Jumat (8/12/2017).

Dia mengaku tiga sampai empat jam menjelang pengumuman tersebut kementerian masih berusaha dan berkomunikasi dengan United States Secretary of State Tillerson yang saat itu berada di Brussels dan saya sampaikan kembali posisi Indonesia serta meminta agar rencana tidak dilakukan.

Namun, saat itu, Tillerson mengatakan bahwa Presiden AS telah mengambil keputusannya yang kemudian dikecam keras oleh Presiden Joko Widodo dan sejumlah pemimpin negara-negara dunia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Yerusalem

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top