3 Alasan Belajar di Polandia

Ingin belajar ke Eropa? Polandia mungkin bisa menjadi salah satu negara tujuan. Sedikitnya terdapat tiga alasan utama Negara Eropa Tengah ini bisa dijadikan salah satu tujuan belajar bagi orang Indonesia.
Thomas Mola | 03 November 2017 12:06 WIB
Polandia - Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Ingin belajar ke Eropa? Polandia mungkin bisa menjadi salah satu negara tujuan. Sedikitnya terdapat tiga alasan utama Negara Eropa Tengah ini bisa dijadikan salah satu tujuan belajar bagi orang Indonesia.

Duta Besar Indonesia untuk Republik Polandia Peter Frans Gontha menuturkan Polandia harus menjadi salah satu alternatif tujuan belajar. Sejauh ini baru lebih dari 100 orang pelajar asal Indonesia di Polandia.

"Orang takut karena dianggap bahasa Polandia susah, dan memang merupakan salah satu bahasa yang tersulit di dunia. Namun, yang tidak diketahui ialah bahwa bahasa yang dipakai untuk mahasiswa asing adalah bahasa Inggris," ujarnya kepada Bisnis baru-baru ini.

Peter menyebut ada tiga alasan utama Polandia bisa menjadi negara tujuan pelajar asal Indonesia. Pertama, rata-rata universitas di Polandia telah berdiri sejak 200 sampai 300 tahun sehingga memiliki tradisi pendidikan yang sangat bagus.

"Pendidikan di Polandia dari sisi kualitas tidak kalah kualitasnya dengan pendidikan di Jerman, Inggris, Prancis atau Belanda. Pendidikan di sini semua harus berstandar EU," paparnya.

Kedua, biaya pendidikan di Polandia jauh lebih murah dari negara Eropa Barat ataupun Amerika Serikat. Peter menuturkan biaya pendidikan di Polandia hanya sekitar 12% hingga 13% dari belajar di negara Eropa Barat atau Amerika Serikat.

"Dengan kata lain 87% lebih murah, sehingga cocok bagi keluarga menengah Indonesia untuk mengirim anaknya ke Polandia," imbuhnya.

Ketiga, jelas Peter, pendidikan di Polandia sangat aplikatif untuk diterapkan di Tanah Air.  Indonesia, menurutnya, membutuhkan banyak tenaga terdidik terutama bidang teknologi, teknik agrikultur, dan kedokteran.

"Mengirim satu mahasiswa ke Amerika setara dengan mengirim delapan orang ke Polandia, "

Tag : peter gontha, beasiswa
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top