Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BENDERA INDONESIA TERBALIK: Malaysia Sudah Minta Maaf. Tagar #ShameonYouMalaysia Rekam Kemarahan

Meski Malaysia akhirnya meminta maaf atas insiden terbaliknya foto bendera Indonesia dalam buku panduan SEA Games 2017, kecaman dan hujatan di media sosial terus berlanjut.
Buku panduan Sea Games 2017 dengan potret bendera Indonesia terbalik./Antara-edit Sae
Buku panduan Sea Games 2017 dengan potret bendera Indonesia terbalik./Antara-edit Sae

 

Kabar24.com, JAKARTA—Meski Malaysia akhirnya meminta maaf atas insiden terbaliknya foto bendera Indonesia dalam buku panduan SEA Games 2017, kecaman dan hujatan di media sosial terus berlanjut.

Permintaan maaf ini dikeluarkan resmi oleh pihak penyelenggara Sea Games di Malaysia dengan mengatakan bahwa kesalahan itu murni ketidaksengajaan.

"Kesalahan ini sangat kami sesali," kata mereka dalam sebuah pernyataan sebagaimana dikutip BBC.com, Minggu (20/8/2017).

Disebutkan, menteri pemuda dan olahraga dan ketua penyelenggara Sea Games Malaysia akan menghubungi Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi untuk kembali menyampaikan permohonan maaf.

Kesalahan pemuatan bendera Indonesia dalam buku panduan Sea Games ini memicu tagar Shame on You Malaysia di Twitter yang hingga kini sudah dipakai 60.000 kali.

Kehebohan diawali oleh kicauan Menpora Imam Nahrawi yang sedang mengikuti pembukaan Sea Games di Malaysia kemarin malam.

Dalam cuitan itu, dia mencantumkan foto buku Sea Games yang memuat bendera Indonesia terbalik dan menulis, "pembukaan #SEAgame2017 yang bagus tapi tercederai dengan keteledoran fatal yang amat menyakitkan. Bendera kita.... Merah Putih. Astaghfirullaah..."

Betul, dalam posting yang menyertakan gambar halaman buku itu, Menpora Imam Nahrawi menuliskan istigfar.

Dalam keterangan resmi, kementerian luar negeri Indonesia melalui jubir Armanatha Nassir mengatakan telah menyampaikan kekecewaan melalui nota diplomatik dan menyebut bahwa masalah itu telah dibahas oleh Menlu Indonesia dan menlu Malaysia, Sabtu malam itu juga.

Meski telah minta maaf, sejumlah pengguna media sosial tampak belum selesai mempersoalkan kesalahan itu. Tagar 'Shame on You Malaysia' masih menjadi topik populer hingga hari ini.

Beberapa orang menyinggung grafis sebuah surat kabar yang juga membuat gambar bendera Indonesia terbalik.

"Lagi dan lagi," kata @a_ainunnajib, mengacu pada kesalahan pemuatan gambar bendera yang berulang.

Lainnya mengatakan bahwa ketersinggungan Indonesia terhadap insiden ini mungkin tak dimengerti oleh Malaysia karena kemerdekaan Indonesia diperoleh dari perjuangan, bukan 'diberikan oleh Inggris.'

Sebagian lagi mengomentari pemutaran lagu 'Rasa Sayange' dalam pembukaan Sea Games malam itu.

"Lagu Rasa Sayange yang diputar di sana dan insiden Bendera Indonesia terbalik itu benar-benar menyakiti hati kami!!" kata @Laksmaanaa.

Tapi tak semua orang suka dengan kehebohan ini.

"Edan sekali reaksi orang-orang ini terhadap bendera Indonesia yang terbalik. Beda reaksi saat ada TKI disiksa," kata aktivis perempuan Tunggal Pawestri di Twitter.

Lainnya mengatakan, "kita boleh tidak senang saat bendera kita terbalik. Tapi saat kita hina-hina negara orang setelah mereka minta maaf, that's equally bad guys." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper