Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepuasan Perempuan Indonesia Lebih Tinggi. Laki-Laki Lebih Bahagia

Kepuasan hidup perempuan Indonesia lebih tinggi dibandingkan dengan laki-laki.n
Sumber: BPS
Sumber: BPS

Kabar24.com, JAKARTA – Kepuasan hidup perempuan Indonesia lebih tinggi dibandingkan dengan laki-laki.

Hal ini terlihat dari performa indeks kebahagiaan Indonesia 2017 yang baru saja dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) pada hari ini, Selasa (15/8/2017).

Dengan skala 0-100, Indeks kepuasan hidup perempuan tercatat sebesar 71,26, lebih tinggi dibandingkan dengan laki-laki sebesar 70,86.

Apa saja indikator penyusun dimensi kepuasan hidup? BPS menjabarkan dimensi kepuasan hidup terbagi atas subdimensi kepuasan hidup personal dan subdimensi kepuasan hidup sosial.

Adapun, subdimensi kepuasan hidup personal mencakup indikator pendidikan dan keterampilan; pekerjaan/ usaha/ kegiatan utama; pendapatan rumah tangga; kesehatan; dan kondisi rumah dan fasilitas rumah.

Sementara, subdimensi kepuasan hidup sosial mencakup indikator keharmonisan keluarga; ketersediaan waktu luang; hubungan sosial; keadaan lingkungan; serta kondisi keamanan.

Kendati indeks dimensi kepuasaan hidup perempuan lebih tinggi dibandingkan laki-laki, secara total laki-laki lebih bahagia. Hal ini dikarena indeks kebahagian 2017 pada laki-laki tercatat 71,12, lebih tinggi dibandingkan perempuan 70,30.

Hal ini dipengaruhi lebih tingginya indeks dimensi perasaan (affect) dan indeks dimensi makna hidup (Eudaimonia). Pada laki-laki, kedua indeks tersebut masing-masing tercatat 69,08 dan 73,24, lebih tinggi dari perempuan dengan nilai indeks 68,14 dan 71,29.

Sekadar informasi, dimensi perasaan mencakup indikator perasaan senang/ riang/ gembira; perasaan tidak khawatir/ cemas; serta perasaan tidak tertekan. Sementara, dimensi makna hidup meliputi indikator kemandirian; penguasaan lingkungan; pengembangan diri; hubungan poitif dengan orang lain; tujuan hidup; serta penerimaan diri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper