Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyandang Autisme Juga Mampu Pamerkan Keahlian Seninya

Siapa bilang penyandang autisme merupakan pribadi pasif yang tidak memiliki keahlian apa-apa.

Kabar24.com JAKARTA -- Siapa bilang penyandang autisme merupakan pribadi pasif yang tidak memiliki keahlian apa-apa.

Ajang lomba gambar dan foto bercerita yang diadakan oleh Navaplus menjadi bukti bahwa anak disabilitas bukan berarti berbeda, justru mereka adalah pribadi yang spesial daan memiliki keahlian seni orang pada umumnya.

Hal itu diutarakan oleh juri lomba kategori foto Willy Yoh. Dia mengaku terkesan dengan hasil foto para peserta ajang Kita Sama ini. Kendati tidak menilai menggunakan teknik layaknya profesional, hasil foto ini dinilai memiliki makna yang dalam.

"Foto dan cerita-cerita yang masuk memang sangat eye opener khususnya bagi saya yang langsung membaca dan melihat foto para peserta. Dari semua karya yang masuk tidak ada yang tidak menginspirasi. Kami memberi nilai lebih kepada karya foto yang memiliki kapasitas bisa bercerita sendiri kepada yang melihat foto tersebut tanpa melihat cerita yang dilampirkan," ujarnya, Selasa (25/7/2017).

Ketiga pemenang tersebut di antaranya adalah Ahmad Muhajir, Muhammad Fauzi Khairuddin, dan M Kemal Vines.

Muhajir adalah penderita cerebral palsi atau gangguan gerakan, otot, atau postur yang disebabkan oleh cedera atau perkembangan abnormal di otak, paling sering terjadi sebelum kelahiran. Ibunda Muhajir yang mengambil gambar Muhajir saat dia mengalami pengobatan dalam setahun terakhir.

Adapun Fauzi adalah penyandang down syndrome yang sudah meninggal sejak 2006.

Namun, kakaknya berinisiatif untuk mengirimkan gambar Fauzi untuk memperlihatkan bahwa anak disabilitas bukanlah anak yang berbeda tanpa keistimewaan. Justru anak disabilitas bisa memberikan momen yang bermakna bagi keluarga. Sementara Vines, siswa kelas 6 SD yang merupakan penyandang autisme.

Presiden Direktur Navaplus Group David Wibowo mengatakan lomba ini bertujuan untuk memberikan dorongan kepada penyandang autisme di Indonesia supaya bisa lebih optimis dan semakin tinggi rasa kepercayaan diri mereka untuk terus mengembangkan diri dan potensi yang dimiliki agar berhasil di masa depan.

Selain lomba fotografi, ada juga lomba menggambar dengan tema bebas. Pemenangnya di antaranya adalah Jessica Gabriela Suryono, Galang Indra Satrya, dan Davin Widjaja. Ketiganya merupakan penyandang autisme. Namun, karyanya sangat patut disebut karya seni karna memiliki teknik dan pewarnaan seperti halnya karya lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper