Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pentolan Ormas Mau Bikin Organisasi Lagi Silakan, Asal...

Pemerintah tetap memberikan kebebasan bagi pentolan organisasi kemasyarakatan yang telah dibubarkan untuk membentuk organisasi baru sepanjang tidak bertentangan dengan ideologi dan dasar negara.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 12 Juli 2017  |  13:02 WIB
Pentolan Ormas Mau Bikin Organisasi Lagi Silakan, Asal...
Menkopolhukam Wiranto (ketiga kiri) memberikan keterangan terkait isu pro dan kontra pembubaran ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Jakarta, Jumat (12/5). - Antara/Akbar Nugroho Gumay
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA — Pemerintah tetap memberikan kebebasan bagi pentolan organisasi kemasyarakatan yang telah dibubarkan untuk membentuk organisasi baru sepanjang tidak bertentangan dengan ideologi dan dasar negara.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengatakan bahwa kebebasan untuk membuat ormas baru tetap diizinkan atau dibuka seluas-luasnya bagi seluruh warga negara Indonesia.

“Artinya pemerintah beri kebebasan untuk menyatakan pendapat, untuk berkelompok, untuk membuat organisasi, tapi dengan catatan jangan sampai kebebasan itu disalahgunakan dan itu sudah aturan yang normatif,” paparnya, Rabu (12/7/2017).

Dia mengatakan terkait kebebasan mendirikan dan menjalankan ormas yang disalahgunakan, seperti dari mempengaruhi orang lain untuk membuat kekacauan dan memiliki pandangan yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945, tidak bisa ditolerir.

Pemerintah dapat membubarkan ormas setelah melewati pengesahan yakni Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Negara , lanjutnya, yang diberi kewenangan melaksanakan kewajiban untuk melindungi persatuan dan kesatuan bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

undang-undang ormas wiranto perpu
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top