Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Agustus, Polwan Indonesia Bakal Taklukan Puncak Cartenz

Tim Polisi Wanita (Polwan) Kepolisian RI akan segera mendaki Puncak Cartenz, salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia yang terdapat di Provinsi Papua.
Menuju Puncak Carstensz di Papua/Antara
Menuju Puncak Carstensz di Papua/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Tim Polisi Wanita (Polwan) Kepolisian RI akan segera mendaki  Puncak Cartenz, salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia yang terdapat di Provinsi Papua.

Kapolda Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar di Timika, Jumat, membenarkan hal itu.

"Memang benar, itu atas keinginan Bapak Kapolri (Jenderal Polisi Tito Karnavian) untuk melatih jiwa kejuangan para Polwan kita dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia tahun ini," jelas Boy.

Kapolda mengatakan kegiatan pendakian ke Puncak Cartenz oleh Tim Polwan akan dilakukan sekitar awal Agustus.

Rencananya, Tim Polwan akan mengibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Cartenz.

"Sudah tentu kegiatan tersebut akan mendorong tumbuhnya kebanggaan dalam diri para Polwan kita. Ini juga salah satu sistem pembinaan personel kepolisian untuk melatih daya juang mereka," jelas Boy.

Puncak Cartenz dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (dpl) yang hingga kini masih tertutup salju menjadi salah satu obyek pariwisata andalan Provinsi Papua dalam mendongkrak arus wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Saat menjabat Kapolda Papua, Kapolri Tito Karnavian pernah melakukan pendakian ke Puncak Cartenz yang memimpin upacara pengibaran Bendera Merah Putih di puncak tertinggi di Indonesia itu.

Untuk mencapai Puncak Cartenz, wisatawan dapat memilih alternatif pendakian dari beberapa tempat seperti dari jalur Sugapa dan Ugimba di Kabupaten Intan Jaya, atau dari jalur Ilaga Kabupaten Puncak atau dari jalur tambang terbuka Grassberg PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika.

Jalur pendakian dari tambang terbuka Grassberg PT Freeport selama ini belum dibuka untuk umum karena dianggap akan mengganggu aktivitas pertambangan.

Satu lagi jalur pendakian ke Puncak Cartenz yaitu dari selatan melewati Bandara Mulu di Kampung Tsinga, Distrik Tembagapura, hingga kini belum pernah diuji coba oleh wisatawan karena lebih menantang adrenalin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper