Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mendagri Lantik 3 Penjabat Gubernur Sementara

Tiga gubernur resmi dilantik untuk menggantikan sementara gubernur yang telah selesai masa tugasnya per Januari 2017.
Gloria Natalia Dolorosa
Gloria Natalia Dolorosa - Bisnis.com 31 Januari 2017  |  21:45 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo  - Antara/Hafidz Mubarak A.
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo - Antara/Hafidz Mubarak A.

Kabar24.com, JAKARTA -- Tiga gubernur resmi dilantik untuk menggantikan sementara gubernur yang telah selesai masa tugasnya per Januari 2017.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo resmi melantik tiga penjabat (PJ) gubernur untuk Provinsi Banten, Papua Barat, dan Gorontalo pada Senin (30/1/2017). Hal tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia.

Ketiga penjabat ini adalah ‎Nata Irawan (Dirjen Bina PMD Kemendagri) sebagai Pj Gubernur Banten, Zudan Arif Fakhrulloh (Dirjen Dukcapil Kemendagri) sebagai Pj Gubernur Gorontalo, dan Eko Subowo (Dirjen Adwil Kemendagri) sebagai Pj Gubernur Papua Barat.

Pelantikan ini untuk menggantikan sementara gubernur yang dinyatakan telah selesai masa tugasnya per Januari 2017. Sebelumnya, Banten dijabat Rano Karno, Gorontalo dijabat Rusli Habibie dan Idris Rahim, dan Papua Barat dijabat Abraham Octavianus Atururi dan Irene Manibuy‎.

"Kepada gubernur dan wakil gubernur yang telah habis masa jabatannya, terima kasih atas pengabdiannya selama menjabat," ujar Tjahjo Kumolo seperti dikutip dalam laman resmi Kementerian Dalam Negeri, Selasa (31/1/2017).

Tjahjo berharap para penjabat gubernur yang telah dilantik segera mengonsolidasi aparatur sipil negara (ASN) dari tingkat provinsi hingga tingkat desa‎ untuk bersikap netral dalam ajang Pilkada Serentak 2017 yang digelar pada Februari 2017.

"‎Saya harap tidak ada politik uang di daerah dan saya berpesan agar menjaga aset pemerintah, anggaran pemerintah supaya tidak digunakan untuk kepentingan para calon yang sedang bertarung di Pilkada," tuturnya.

Sementara itu, Tjahjo menginginkan adanya komunikasi intensif antara gubernur dan wakil gubernur sebelumnya dengan penjabat gubernur yang telah resmi dilantik.
"Saya kira pejabat sebelumnya dengan yang sekarang harus terus berkomunikasi agar program pembangunan yang baik bisa terus dilanjutkan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mendagri tjahjo kumolo menteri dalam negeri gubernur sementara
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top