DOA BERSAMA 212: Presiden Apresiasi, Aksi Damai 2 Desember Berjalan Tertib

Ucapan penghargaan dan terima kasih disampaikan Presiden Jokowi atas aksi doa bersama 2 Desember 2016 yang berlangsung tertib.
Saeno, Arys Aditya, Dewi A. Zuhriah | 02 Desember 2016 14:27 WIB
Foto aerial ribuan umat Islam melakukan dzikir dan doa bersama di kawasan Bundaran Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (2/12). - Antara/Sigid Kurniawan

Kabar24.com, JAKARTA - Ucapan penghargaan dan terima kasih disampaikan Presiden Jokowi atas aksi doa bersama 2 Desember 2016 yang berlangsung tertib.

"Para ulama, kyai, ustadz, hadirin, hadirot yang siang ini hadir," kata Presiden Jokowi di panggung utama aksi doa bersama di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2016), ketika menyapa peserta yang hadir.

Presiden setelah menunaikan Shalat Jumat langsung menuju panggung utama tersebut dan menyampaikan pidato singkatnya.

Setelah berpidato, massa langsung meneriakkan takbir berkali- kali, beberapa di antaranya berusaha mendekat ketika Presiden akan kembali ke Istana.

Presiden kemudian kembali ke Istana Merdeka dengan berjalan kaki didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah pejabat dan menteri.

Pada kesempatan itu, Presiden menyatakan berterima kasih atas doa dan dzikir yang telah dipanjatkan untuk keselamatan bangsa dan negara.

Mantan Gubernur DKI itu juga berkali-kali mengumandangkan takbir saat berpidato dan disambut ribuan peserta aksi doa bersama.

"Yang pertama terima kasih atas doa dan dzikir yang telah dipanjatkan untuk keselamatan bangsa dan negara kita. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar!" kata Presiden.

Presiden juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya karena acara tersebut tertib dan berjalan dengan baik.

"Sekali lagi terima kasih dan selamat kembali ke tempat asal masing-masing, ke tempat tinggal masing-masing, terima kasih," katanya.

Setelah berpidato singkat, Presiden langsung kembali ke Istana dengan berjalan kaki di bawah guyuran hujan yang terus turun.

Sebelumnya, Jumat pagi, Presiden tidak memastikan apakah akan bergabung atau tidak dengan peserta aksi doa bersama di Lapangan Monas.

Hal itu disampaikannya usai kunjungan ke proyek Gelora Bung Karno, Jumat pagi.

Saat ditanya tentang penangkapan sejumlah orang pada Jumat dini hari atas tuduhan makar dan penghasutan, Jokowi hanya menjawab singkat. “Ditanyakan Kapolri saja, tolong, ditanyakan saja secara detail kepada Kapolri,” ujarnya.

Semangat Peserta Aksi

Semangat peserta aksi menjadi hal yang menonjol baik sebelum maupun di saat dan setelah aksi berlangsung.

Aksi doa dan dzikir bersama berlangsung sejak pukul 08.00 WIB hingga selepas salat Jumat.

Peserta tetap bertahan kendati, di tengah khutbah Jumat, hujan deras mengguyur Jakarta Pusat, Monas dan sekitarnya.

Berdasarkan pantauan Bisnis, massa aksi doa bersama itu tetap bertahan di tengah lapangan meski hujan deras mengguyur.

Sumber : Antara

Tag : DEMO 2 DESEMBER, DOA BERSAMA 212
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top