Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Unjuk Rasa Bersih 5.0 Berakhir Damai

Pawai terbuka yang melibatkan puluhan ribu pemrotes berakhir secara damai di depan Menara Kembar Petronas di Malaysia pada Sabtu (19/11/2016) sore.
Menara Petronas Ikon Malaysia./asianpicture.com
Menara Petronas Ikon Malaysia./asianpicture.com

Kabar24.com, JAKARTA - Pawai terbuka yang melibatkan puluhan ribu pemrotes berakhir secara damai di depan Menara Kembar Petronas di Malaysia pada Sabtu (19/11/2016) sore.

Pada puncak kegiatan kelompok yang menamakan diri gerakan "Bersih" bertujuan mendorong terbentuknya pemerintah yang bersih dan pemilihan umum, lapor Xinhua/OANA.

Pemrotes, yang terutama terdiri atas etnis Tionghoa, tapi juga meliputi orang Melayu dan India, mengenakan kaos kuning dan membawa spanduk serta bendera nasional Malaysia. Mereka meneriakkan slogan seperti "Bersih, Bersih" ketika berpawai melalui jalan-jalan.

Polisi Malaysia telah menyebut pawai terbuka itu tidak sah karena kegiatan semacam itu memerlukan izin dari Balai Kota Kuala Lumpur, dan menahan selusin orang pada hari yang sama, termasuk penyelenggara dari gerakan "Bersih" serta kelompok anti-Bersih "kaus merah".

Banyak polisi terlihat berjaga-jaga pada pagi hari di sekitar jalur protes yang direncanakan, yang meliputi Dataran Merdeka.

Polisi juga memasang barikade guna mencegah pemrotes memasuki bundaran tersebut, menutup beberapa jalan utama dan mengerahkan truk "meriam air", demikian laporan Xinhua.

Di satu tempat, kondisi sangat tegang, sementara beberapa penyelenggara berunding dengan polisi mengenai cara mencegah terjadinya bentrokan.

Setelah gagal memasuki lapangan, pemrotes naik kereta untuk berkumpul di luar Menara Kembar Petronas, tempat beberapa pemimpin protes berpidato.

"Kami telah mengeluhkan banyak hal mengenai kondisi di Malaysia, tapi kami tak bertindak, jadi ini adalah waktunya buat kami untuk menyampaikan apa yang salah dengan Malaysia," kata Ainina Sofia, seorang mahasiswa yang berusia 20 tahun dari Universitas Islam Internasional Malaysia.

Polisi memperkirakan di dalam satu pernyataan bahwa sebanyak 15.500 pendukung gerakan "Bersih" dan 2.500 "kaus merah" telah ikut dalam pawai masing-masing kelompok.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper