Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Unjuk Rasa Bersih 5.0 Berakhir Damai

Pawai terbuka yang melibatkan puluhan ribu pemrotes berakhir secara damai di depan Menara Kembar Petronas di Malaysia pada Sabtu (19/11/2016) sore.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 November 2016  |  20:45 WIB
Menara Petronas Ikon Malaysia. - asianpicture.com
Menara Petronas Ikon Malaysia. - asianpicture.com

Kabar24.com, JAKARTA - Pawai terbuka yang melibatkan puluhan ribu pemrotes berakhir secara damai di depan Menara Kembar Petronas di Malaysia pada Sabtu (19/11/2016) sore.

Pada puncak kegiatan kelompok yang menamakan diri gerakan "Bersih" bertujuan mendorong terbentuknya pemerintah yang bersih dan pemilihan umum, lapor Xinhua/OANA.

Pemrotes, yang terutama terdiri atas etnis Tionghoa, tapi juga meliputi orang Melayu dan India, mengenakan kaos kuning dan membawa spanduk serta bendera nasional Malaysia. Mereka meneriakkan slogan seperti "Bersih, Bersih" ketika berpawai melalui jalan-jalan.

Polisi Malaysia telah menyebut pawai terbuka itu tidak sah karena kegiatan semacam itu memerlukan izin dari Balai Kota Kuala Lumpur, dan menahan selusin orang pada hari yang sama, termasuk penyelenggara dari gerakan "Bersih" serta kelompok anti-Bersih "kaus merah".

Banyak polisi terlihat berjaga-jaga pada pagi hari di sekitar jalur protes yang direncanakan, yang meliputi Dataran Merdeka.

Polisi juga memasang barikade guna mencegah pemrotes memasuki bundaran tersebut, menutup beberapa jalan utama dan mengerahkan truk "meriam air", demikian laporan Xinhua.

Di satu tempat, kondisi sangat tegang, sementara beberapa penyelenggara berunding dengan polisi mengenai cara mencegah terjadinya bentrokan.

Setelah gagal memasuki lapangan, pemrotes naik kereta untuk berkumpul di luar Menara Kembar Petronas, tempat beberapa pemimpin protes berpidato.

"Kami telah mengeluhkan banyak hal mengenai kondisi di Malaysia, tapi kami tak bertindak, jadi ini adalah waktunya buat kami untuk menyampaikan apa yang salah dengan Malaysia," kata Ainina Sofia, seorang mahasiswa yang berusia 20 tahun dari Universitas Islam Internasional Malaysia.

Polisi memperkirakan di dalam satu pernyataan bahwa sebanyak 15.500 pendukung gerakan "Bersih" dan 2.500 "kaus merah" telah ikut dalam pawai masing-masing kelompok.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

malaysia perdana menteri najib razak mahathir mohamad

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top