Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

WTO Siap Dukung Donald Trump

Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Roberto Azevedo, Rabu, mengucapkan selamat kepada presiden terpilih AS Donald Trump.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 10 November 2016  |  09:18 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan General Director WTO Roberto Azevedo, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/4). - Antara/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan General Director WTO Roberto Azevedo, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/4). - Antara/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JENEWA -  Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Roberto Azevedo, Rabu, mengucapkan selamat kepada presiden terpilih AS Donald Trump.

Ia menambahkan bahwa WTO siap untuk bekerja sama dengan Republiken itu, yang secara resmi akan memangku jabatan sebagai presiden AS pada Januari 2017.

"Kami siap untuk mendukung pemerintahan (Trump) guna memastikan perdagangan adalah elemen positif dalam strategi baru untuk pembangunan dan penciptaan lapangan kerja," tambahnya.

Ini datang dilatarbelakangi Trump yang mengancam untuk meninggalkan WTO pada Juli tahun ini selama kampanye pemilu yang sangat bernada pedas, taipan bisnis berusia 70-tahun itu menentang lawannya dari Partai Demokrat, Hillary Clinton.

Trump telah mengancam untuk menarik Amerika Serikat keluar dari WTO jika proposalnya tentang pemberian sanksi terhadap perusahaan-perusahaan AS yang pindah ke luar negeri dihalangi.

Miliarder AS itu, juga menyebut WTO dan kesepakatan-kesepakatan perdagangan yang ada "sebuah bencana" dalam wawancara.

Azevedo menambahkan bahwa "kepemimpinan AS dalam ekonomi global dan sistem perdagangan multilateral tetap penting." Trump mengalahkan saingannya, Clinton, dalam pemilihan presiden pada Selasa, menarik kekecewaan besar setelah putaran kampanye kontroversial dan dipenuhi skandal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dirjen wto roberto azevedo Donald Trump

Sumber : ANTARA/Xinhua

Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top