Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA TEMPO DOELOE: Inilah Asal-usul Nama Cipulir Jakarta Selatan

Cipulir merupakan nama kelurahan di Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Kawasan tersebut termasuk yang cukup tua di Ibu Kota, yang di sana dahulu banyak rumah bergaya Betawi dan Belanda.
Jakarta masa kini/Ilustrasi-Antara-Andika Wahyu
Jakarta masa kini/Ilustrasi-Antara-Andika Wahyu

Bisnis.com, JAKARTA - Cipulir merupakan nama kelurahan di Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Kawasan tersebut termasuk yang cukup tua di Ibu Kota, yang di sana dahulu banyak rumah bergaya Betawi dan Belanda.

Namun, seiring dengan perjalanan waktu dan perkembangan kota Jakarta, banyak rumah yang tergolong tua itu dibongkar dan diganti dengan rumah baru dan modern bergaya minimalis dan mediteranian.

Meski demikian, di Cipulir masih terdapat beberapa rumah bergaya Betawi dan Belanda yang antara lain bisa dijumpai di sepanjang kanan dan kiri Jl. Raya Kebayoran Lama atau Jl. Ciledung Raya.

Umumnya rumah itu tertutup oleh rimbunan pepohonan yang ada di halaman rumah atau juga terlang oleh pedagang atau orang-orang yang membuka usaha di depan rumah itu.

Adapun penduduk daerah Cipulir terdiri dari beragam etnis yaitu etnis Betawi, Jawa, Sunda, Padang, Batak, Arap dan China. Bagaimana asal usul nama Cipulir?

Zaenuddin HM menjelaskan bukunya 212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe, setebal 377 halaman, diterbitkan Ufuk Press pada 2012. Menurtutnya, nama Cipulir diperkirakan berasal dari keadaan sungai pada masa lampau di kawasan tersebut.

Kata “pulir” hampir mirip dengan kata pelintir. Bila sebuah benda dipelintir maka akan berbelok atau bengkok. Mungkin bentuk alur sungai yang ada berkelok-kelok seperti benda yang dipelintir.

Adapun kata “Ci” berasal dari bahasa Sunda yang artinya aliran air atau sungai. Dengan demikian, bisa jadi Cipulir artinya sungai yang bengkok atau aliran airnya berkelok-kelok. Begitulah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper