Gedung Putih Umumkan Obama akan Hadiri KTT G-20

Bisnis.com, WASHINGTON-- Gedung Putih mengumumkan pada hari Kamis bahwa Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan melakukan perjalanan ke China dan Laos pada awal September, di mana ia akan menghadiri KTT G20 dan melakukan kunjungan pertamanya ke Laos.
Anitana Widya Puspa | 19 Agustus 2016 23:31 WIB
Barack Obama - Reuters

Kabar24.com, WASHINGTON - Gedung Putih mengumumkan Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan melakukan perjalanan ke China dan Laos pada awal September bahwa dia akan menghadiri KTT G20 dan melakukan kunjungan pertamanya ke Laos.

Berdasarkan informasi yang dikutip pada Jumat (19/8/2016), perjalanan Obama pada September itu akan menyoroti komitmennya kepada G-20 sebagai forum utama kerja sama ekonomi internasional.

Di China, Obama akan berpartisipasi dalam akhir KTT G-20-nya tempat dia akan menekankan kebutuhan untuk terus membangun kemajuan yang dibuat sejak 2009 dalam memajukan pertumbuhan ekonomi global yang kuat, berkelanjutan, dan seimbang

Obama akan menekankan pentingnya kerja sama dengan G-20 dalam mempromosikan tingkat kerja sama ekonomi yang lebih luas.

Obama juga akan melakukan pertemuan mendalam dengan Presiden Xi Jinping China di Hangzhou, tempat kedua pemimpin akan membahas berbagai-macam isu global, regional, dan bilateral.

Di Laos, Obama akan berpartisipasi dalam KTT AS-ASEAN dan KTT Asia Timur. Selain itu, ia akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Bounnhang Vorachith dan pejabat penting lainnya untuk memajukan kerjasama AS-Laos dalam ekonomi, pembangunan, dan hubungan people-to-people antara daerah lain

Obama juga akan berpartisipasi dalam Kepemimpinan Muda Asia Initiative Summit, di mana ia akan mengadakan pertemuan di balai kota.

Selama KTT ASEAN, Obama akan membahas cara-cara untuk memperkuat kerjasama ekonomi AS dengan negara-negara Asia Tenggara, yang secara kolektif mewakili mitra dagang terbesar keempat Amerika, dan lebih meningkatkan kerjasama pada tantangan regional dan global.

Kunjungan ini juga akan mendukung upaya Presiden untuk memperluas peluang bagi bisnis dan pekerja Amerika dan untuk menjual produk mereka di beberapa pasar yang tumbuh paling cepat di dunia.

Inti upaya ini adalah Trans-Pacific Partnership, perjanjian perdagangan-standar tinggi yang akan membuka pasar-pasar utama untuk ekspor Amerika dan kepemimpinan ekonomi Amerika di Asia-Pasifik.

Ini akan menjadi perjalanan Asia Obama ke 11 kalinya sejak menjabat pada 2009.

Sumber : Xinhua

Tag : g 20
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top