Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LEBARAN 2016: Keraton Yogyakarta Rayakan 1 Syawal Pada Kamis (7/7/)

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat akan merayakan 1 Syawal atau Idul Fitri pada Kamis (7/7) karena menganut penanggalan Sultan Agung atau penanggalan Jawa Islam.
Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X /Antara
Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X /Antara

Bisnis.com, YOGYAKARTA  - Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat akan merayakan 1 Syawal atau Idul Fitri pada Kamis (7/7) karena menganut penanggalan Sultan Agung atau penanggalan Jawa Islam.

Wakil Penghageng Tepas Tanda Yekti Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat KPH Yudhahadiningrat dalam jumpa pers di Kompleks Keraton Kilen, Selasa (5/6/2016) , mengatakan setiap siklus delapan tahun, memang ada tiga tahun yang penanggalannya berbeda antara penanggalan Sultan Agung dengan penanggalan Masehi dalam menentukan 1 Syawal di antaranya pada tahun ini yang merupakan tahun 1949 Jimawal versi penanggalan Sultan Agung.

"Penghitungan tahun di Keraton Ngayogyakarta ini sudah dilakukan secara teliti dan cermat dengan rumus yang baku. Bahkan siklus ini sudah dihitung hingga 120 tahun ke depan," kata dia.

Meski mengikuti penanggalan Sultan Agung, menurut Yudha, Sultan tetap akan melaksanakan Shalat Ied pada Rabu (6/7) di Alun-alun Utara Keraton. Hal itu dilakukan Sultan lantaran selain sebagai Raja Keraton, dirinya juga merupakan representasi kepala pemerintah di daerah.

"Jadi meski punya penanggalan sendiri pada dasarnya Keraton tetap akomodatif dan menghargai perbedaan pendapat mengenai penanggalan itu," katanya.

Menurut dia, perayaan Lebaran ala Keraton Ngayogyakarta ditandai dengan penyelenggaraan Gerebeg Syawal serta acara "Ngabekten" pada 7 Juli 2016 yang merupakan tradisi turun temurun di lingkungan Keraton sejak zaman Panembahan Senopati.

Putri keempat Sri Sultan HB X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu menjelaskan Ngabekten merupakan prosesi saling memaafkan antara abdi rakyat dan rajanya, sekaligus menunjukkan loyalitas atau bakti seorang abdi atau rakyat kepada rajanya.

Adapun Ngabekten sendiri akan dilaksanakan di Bangsal Kencana Keraton Yogyakarta yang dibagi tiga sesi. Sesi pertama mulai pukul 09.00-12.00 WIB khusus untuk Wakil Gubenur, Bupati, Wali Kota, serta SKPD lainnya serta para pangeran, sesi kedua pukul 13.00-14.00 WIB untuk abdi dalem berpangkat wedono, dan pukul 15.00-16.00 untuk darah dalem atau keluarga keraton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper