Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Asita Promosikan Festival Gasing Siak ke Mancanegara

Asita akan mempopulerkan festival gasing Siak ke mancanegara untuk meningkatkan potensi pariwisata di Riau
Gemal Abdel Nasser
Gemal Abdel Nasser - Bisnis.com 28 Mei 2016  |  08:36 WIB
Istana Siak - siakkab.go.id
Istana Siak - siakkab.go.id

PEKANBARU-- Asosiasi Biro Perjalan dan pariwisata, ASITA akan mempopulerkan Festival Gasing Siak ke mancanegara untuk mengangkat potensi pariwisata Riau. Ketua ASITA Dede Firmansyah mengatakan gasing adalah permainan tradisional yang digemari di hampir seluruh Indonesia.

"Lebih baik Festival Gasing Siak digelar secara rutin. Parade itu akan diperkenalkan ke mancanegara untuk memancing wisatawan asing," kata Dede, Jumat (27/5/2016).

Pergelaran rutin juga memerlukan bantuan dari pemerintah. Dede berharap pemerintah dapat menggelar turnamen-turnamen dari tingkat Kabupaten ke tingkat nasional. Hal ini juga berguna untuk meningkatkan pendapatan dan memperkenalkan pengrajin gasing. Selain itu, ajang perlombaan mainan tradisional itu juga akan membantu pelaku UMKM dan ekonomi kreatif. Pemerintah Kabupaten Siak menggelar Festival Gasing Siak tingkat Kabupaten pada Kamis (26/5/2016).

Sebanyak 20 regu bertanding dalan turnamen yang dibuka oleh Bupati Siak Syamsuar. "Gasing tidak lagi populer seiring masuknya permainan modern. Jadi, Permainan itu perlu dilestarikan. Ini adalah budaya masyarakat siak, dulu," kata Syamsuar.

Gasing dibuat menggunakan kayu kempas. Namun, jenis kayu tersebut sulit ditemukan. Pengrajin gasing juga akan mengganti dengan jenis kayu lain.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

siak
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top