Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PILKADA DKI 2017, Wagub Djarot Dukung KPU Terapkan Materai per Kelurahan/Desa

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mendukung keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang pembubuhan materai pada surat pernyataan dukungan pasangan calon perseorangan alias independen berdasarkan per kelurahan atau per desa.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 23 April 2016  |  06:15 WIB
Ilustrasi materai - tokopedia.com
Ilustrasi materai - tokopedia.com

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mendukung keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang pembubuhan materai pada surat pernyataan dukungan pasangan calon perseorangan alias independen berdasarkan per kelurahan atau per desa.

"Materai perkelurahan itu bagus. Dari pada satu dukungan satu materai, kan repot," ujarnya, Jumat (22/4/2016).

Mantan Walikota Blitar tersebut mengharapkan bahwa persyaratan bagi calon gubernur yang akan maju melalui jalir independen tidak dipersulit. "Calon perseorangan jangan dipersulit lah,” ujarnya.

Menurutnya dengan hanya membubuhkan materai per kelurahan  maka akan memudahkan para pendukung calon perseorangan untuk bisa maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI 2017.

“Biar saja lah, materainya per kelurahan. Lebih mudah, kan begitu,” ujarnya.

KPU menyatakan, adanya rencana penyertaan meterai untuk setiap pernyataan dukungan bagi calon independen akan diatur dalam pasal 14 ayat 8 di Rancangan Peraturan KPU tentang Perubahan Kedua atas Peraturan KPU No.9/2015 tentang Pencalonan Pemilihan Kepala Daerah.

Dasar hukum penggunaan meterai adalah Undang-Undang No.13/1985 tentang Bea Materai. Menurut KPU. Dalam beleid itu disebutkan bahwa bea meterai dikenakan pada dokumen berupa surat perjanjian dan surat lainnya yang bertujuan sebagai alat pembuktian.

Akan tegapi, usulan tersebut, kemudian dibatalkan KPU dan akhirnya memutuskan materai dibubuhkan dalam dokumen B1 KWK atau dokumen kolektif per desa atau kelurahan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bea materai
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top