Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA KOMODITAS: Pemkab Kediri Siapkan Fasilitas SMS Gateway

Pemkab Kediri menyediakan informasi harga sembilan komoditas bagi petani dan konsumen melalui fasilitas SMS Gatewayn
Cabai merah/boldsky.com
Cabai merah/boldsky.com

Bisnis.com, KEDIRI- Pemkab Kediri menyediakan informasi harga sembilan komoditas bagi petani dan konsumen melalui fasilitas SMS Gateway.

Melalui fasilitas ini, masyarakat dapat mengetahui harga bahan pokok di setiap kecamatan di Kabupaten Kediri selama 24 jam. Layanan publik melalui pesan singkat ini dikelola oleh Dina Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri.

Staf Dinas Kominfo Kabupaten Kediri Brian Adi Tama mengatakan SMS Gateway ini melibatkan empat satuan kerja perangkat daerah (SKPD), yakni Dinas Pertanian, Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan, serta Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3).

"Kami meng-update informasi setiap tiga hari sekali,” jelas Brian dalam siaran pers, Rabu (20/4/2016).

Untuk mendapatkan informasi harga komoditas teranyar, masyarakat hanya perlu mengirim pesan singkat ke nomor 08562100300 dengan format penulisan harga*komoditas*kecamatan untuk mengetahui harga di kecamatan tertentu. Sebagai contoh: harga*gula*ngadiluwih.

Jika ingin tahu harga secara global di Kabupaten Kediri, masyarakat cukup mengetik harga*komoditas kemudian kirim ke nomor tersebut.

Saat ini, jelas Brian setiap SMS akan dikenakan tarif masing-masing operator. Ke depan, kata dia, SMS Gateway akan dikembangkan dengan mengubah nomor menjadi hanya empat digit dan bebas tarif.

Brian mengingatkan agar pengakses menggunakan bahasa baku, misalnya cabai, bukan cabe atau lombok. Sebagai alternatif, masyarakat juga dapat mengakses informasi harga komoditas di hargakomoditas.kedirikab.go.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper