Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rhenald Kasali Dinobatkan Menjadi Manajemen Guru di Dunia

Guru Besar Ilmu Manajemen Universitas Indonesia (UI) Prof. RhenaldKasali, Ph.D dinobatkan menjadi salah satu Management Guru di dunia.
Rhenald Kasali/rhenaldkasali.com
Rhenald Kasali/rhenaldkasali.com

Bisnis.com, DEPOK- Guru Besar Ilmu Manajemen Universitas Indonesia (UI) Prof. Rhenald Kasali, Ph.D dinobatkan menjadi salah satu Management Guru di dunia. Rifelly Dewi Astuti, Kepala Humas dan KIP Universitas Indonesia mengatakan Rhenald merupakan satu-satunya yang mewakili Indonesia pada Top 30. Global Gurus in Management 2016 yang dirilis oleh lembaga riset The. Global Gurus pada Maret 2016.

"Prestasi ini sekaligus menjadi pembuktian akan pengakuan dunia akan pendidikan Indonesia khususnya UI di kancah Internasional," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (17/6/2016). Selain Rhenald, terdapat pula pakar manajemen ternama lainnya yang masuk dalam 30 Global Gurus bidang Manajemen seperti John P. Kotter (Harvard Business School, USA) ; Clayton Christensen (Harvard Business School, USA) ; Philip Kotler (Kellogg School of Management, Northwestern University, USA) dan Roger Martin (the Rotman School of Management, Canada).

Rhenald mengatakan pencapaian tersebut bukan hanya miliknya semata melainkan juga milik bersama karena terbukti bahwa mata dunia telah melihat Indonesia dan UI khususnya. Kerjasama pendidikan serta peningkatan publikasi ilmiah di tingkat nasional dan internasional menjadi poin penting untuk dapat senantiasa ditingkatkan oleh para akademisi Indonesia.

"Prestasi ini juga tidak lepas dari upaya Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian kepada Masyarakat,” ujarnya. Lebih lanjut, Rhenald menambahkan Indonesia kini diperhadapkan pada Masyarakat Ekonomi ASEAN. Momentum tersebut harus dapat dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda Indonesia. Jangan anggap. Kata dia persaingan global tersebut sebagai suatu ancaman melainkan sebagai kesempatan untuk meraih cakrawala yang lebih luas serta sebagai peluang Ekonomi Efisiensi (sharing economy) dan Kolaborasi Optimal untuk menciptakan produk maupun pelayanan menjadi lebih baik.

Seperti diketahui, Rhenald Kasali meraih gelar profesornya dari UI pada tahun 2009. Sebelumnya, Prof.Rhenald meraih gelar PhD dari University of Illinois. Rhenald telah banyak dipercaya memimpin transformasi, di antaranya menjadi pansel KPK sebanyak 4 kali dan menjadi praktisi manajemen. Rhenald juga memiliki “Rumah Perubahan” – sebuah training center yang telah menjadi role model dari social business di kalangan para akademisi dan penggiat sosial yang didasari entrepreneurship dan kemandirian.

Sejumlah buku karya Rhenald diantaranya Sembilan Fenomena Bisnis (1997), Change! (2005), Recode Your Change DNA (2007), Cracking Zone (2011) dan Self Driving: Menjadi Driver atau Passenger (2014). Penetapan Top 30 Global Gurus didasarkan atas tujuh parameter yaitu opini publik (30%); Orisinalitas ide (30%); dampak yang dirasakan masyarakat atas ide-ide yang dimiliki (10%); kegunaan ide (10%); jumlah publikasi dan karya ilmiah (5%) dan presentation style & Guru Factor (15%).

Pemilihan para calon nominasi diawali dengan pengumpulan daftar nama dengan cara survei terhadap 22.000 eksekutif, konsultan, akademisi di seluruh dunia kemudian dilakukan poling publik dan disaring kembali menjadi 60 nominator. Keenam puluh nominator tersebut diperingkatkan hingga mencapai 30 nama berdasarkan karya dan ide-ide mereka yang tercatat di Google serta memperhitungkan berdasarkan tujuh indikator tersebut.

The Global Gurus tidak hanya menganugerahkan penghargaan di bidang management melainkan juga pada sepuluh bidang lainnya yaitu Leadership, Management, Communication, Sales, Coaching, Hospitality, Education, Customer Service, Body Language dan Neuro-Linguistic Programming.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper