Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jumlah Anak Punya Akta Kelahiran Meningkat

Kementerian Dalam Negeri mencatatkan jumlah akta kelahiran bagi anak-anak berusia 18 tahun ke bawah peningkatan dibandingkan tahun lalu.
Veronika Yasinta
Veronika Yasinta - Bisnis.com 01 Maret 2016  |  12:03 WIB
Jumlah Anak Punya Akta Kelahiran Meningkat
Akta kelahiran - gkj.or.id
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA—Kementerian Dalam Negeri mencatatkan jumlah akta kelahiran bagi anak-anak berusia 18 tahun ke bawah peningkatan dibandingkan tahun lalu.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menyebutkan dari total anak usia 0-18 tahun yang berjumlah 83 juta, sebanyak 61,6% telah memiliki akta kelahiran. Jumlah itu meningkat dari Juni 2015 yang tercacat hanya 31%.

Tahun ini, pemerintah menargetkan sebanyak 77% anak memiliki akta kelahiran sehingga pada 2019 dapat tercapai target 85%. Hal ini juga dalam mendukung program Kartu Identitas Anak yang dimulai pada tahun ini.

 “Iya setiap bayi yang lahir didaftarkan orang tuanya langsung diterbitkan NIK [Nomor Induk Kependudukan], dimasukan dalam Kartu Keluarga,” katanya usai menandatangani kerjasama Pemanfaatan Data Kependudukan dengan Bappenas, di Gedung Bappenas, Jakarta, Selasa (1/3).

Mulai 2016, setiap bayi yang lahir akan mendapatkan kartu identitas sebagai pemenuhan hak anak seperti perlindungan kepada anak.  Penerapan penggunaan Kartu Identitas Anak akan berlaku di 50 kabupaten/kota di seluruh provinsi pada tahap awal.

Dengan kartu identitas untuk anak, orangtua tak perlu repot membawa akta kelahiran dan kartu keluarga untuk mengurus keperluan anak seperti di rumah sakit, tabungan di bank, dan lain-lain.

“Bisa dibikinkan tabungan bukan atas nama orangtuanya tapi atas nama anaknya. Untuk beli tiket pesawat pakai nama anaknya langsung,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak kemendagri akta kelahiran
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top