Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Keunggulan Gedung Baru KPK yang Hemat Energi & Aman

Gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkonsep secure, smart and green di antaranya menggunakan sistem pengamanan terintegrasi dan memiliki sistem penghematan energi
Maket gedung baru KPK. /Antara
Maket gedung baru KPK. /Antara
Kabar24.com, JAKARTA -- Gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkonsep secure, smart and green di antaranya menggunakan sistem pengamanan terintegrasi dan memiliki sistem penghematan energi.
 
Ketua KPK Agus Rahardjo menuturkan gedung yang baru itu dibangun di atas lahan seluas 8.663 meter persegi. Kantor KPK itu terletak di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan atau masih berada di kawasan yang sama dengan kantor lama.
 
Untuk konsep secure, Agus menuturkan, gedung itu didesain mengatur ruang secara vertikal yang memisahkan area publik dengan area kerja atau area terbatas. Selain itu, gedung itu juga memiliki peralatan pasif berupa akses kontrol dan kamera serta pengamanan aktif berupa petugas pengamanan.
 
Sedangkan konsep smart, diwujudkan dengan penggunaan sistem keamanan terintegrasi berupa surveillance camera, access control, visitor management  dan guard tour. "Gedung ini juga dilengkapi building otomation system yang mampu mengendalikan semua aktivitas peralatan utama dan penunjang di dalam gedung," katanya di Jakarta, Selasa (29/12/2015).
 
Sedangkan konsep green, diwujudkan dengan penghematan energi, misalnya penggunaan air hujan untuk keperluan toilet dan penyiraman tanaman. Selain itu, desain fasade gedung yang mempertimbangkan overall thermal transfer value tidak melebihi 45 watt/meter persegi sehingga penggunaan energi untuk pendingin relatif lebih rendah.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anugerah Perkasa
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper