Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemda Siak Minta Pusat Turun Tangan Kembangkan Tanjung Buton

Pemerintah Kabupaten Siak meminta pemerintah pusat mendukung percepatan pembangunan Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) yang terletak di Kabupaten Siak, Riau yang merupakan sentral industri Cruide Palm Oil di Riau.
Ilustrasi kawasan industri/Jabarprov.go.id
Ilustrasi kawasan industri/Jabarprov.go.id

Bisnis.com, PEKANBARU— Pemerintah Kabupaten Siak meminta pemerintah pusat mendukung percepatan pembangunan Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) yang terletak di Kabupaten Siak, Riau yang merupakan sentral industri Cruide Palm Oil di Riau.

Bupati Siak Syamsuar mengatakan KITB dibangun untuk mengembangkan kegiatan industri di Kabupaten Siak dan di daerah Riau lainnya. Daerah Tanjung Buton adalah lokasi yang strategis karena berdekatan dengan Singapura dan Malaysia. 

“KITB sangat berpotensi untuk pelabuhan industri. Kami masih menunggu perizinan serta uluran tangan dari Kementerian Perhubungan. Namun, masih belum ada tindaklanjut,” katanya saat berada di Pekanbaru, Senin (16/11/2015).

Syamsuar meminta Kementerian Perhubungan memberikan dana Rp50 miliar untuk pembebesan lahan seluas 5 hektare yang akan digunakan untuk pelabuhan, sesuai yang dijanjikan, beberapa waktu lalu.

Syamsuar juga meminta kepada pemerintah pusat untuk memberikan izin pembangunan terminal BBM sebagai penunjang migas.

Pemkab sudah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Migas sebesar 25 Megawatt di Desa Rawa Mekar Jaya Kecamatan  Sungai Apit. Namun, pembangkit ini belum dijalankan oleh PLN.

Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman menambahkan, KITB bagi Riau sebagai kawasan yang pertama kali berhadapan dengan arus masuknya pengaruh pemberlakuan kebijakan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dari luar negeri.

"Melihat prospek dan potensinya, kami ingin membangun kawasan Riau pesisir sebagai pintu masuk, sekaligus sebagai upaya pemerataan infrastruktur pendukung perekonomian, KITB salah satunya" katanya.

Andi Rachman mengatakan pihaknya telah membicarakan Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) dengan pemerintahan pusat. Karena selama ini, hal itu menjadi kendala pembangunan KITB dan pembangunan lainnya. Andi mengklaim, masalah RTRW itu akan terselesaikan pada Desember mendatang.  

Staf Ahli Bidang Hukum, Reformasi dan Demokrasi Kementerian Perhubungan Umar Aris mengatakan Kementerian Perhubungan akan segera merealisasikan apa saja yang diperlukan oleh Pemerintah Kabupaten Siak untuk mengembangkan kawasan tersebut.

“Kemenhub tengah membahas apa-apa saja yang diperlukan oleh kawasan industri Tanjung Buton. Namun, perlu ada pembicaraan yang lebih mendalam untuk percepatan pembangunan ini,” katanya saat berada di Pekanbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper