Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jangan Tertipu, Ini Ciri Materai Asli Dilihat Kasat Mata

Subdit 1 Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengungkapkan kasus pemalsuan materai yang merugikan negara mencapai Rp 74.000.000, Senin (5/10/2015).
Novie Isnanda Pratama
Novie Isnanda Pratama - Bisnis.com 04 November 2015  |  17:43 WIB
Ilustrasi materai - tokopedia.com
Ilustrasi materai - tokopedia.com

Kabar24.com, Jakarta - Subdit 1 Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengungkapkan kasus pemalsuan materai yang merugikan negara mencapai Rp 74.000.000, Senin (5/10/2015).

Dari tangan pelaku, RR, polisi menyita 245 lembar materai Rp 6000, 2 unit handphone, 12 lembar plat alumunium dan 1 unit mesin cetak yang digunakan pelaku dalam melancarkan aksinya.

Namun, ada cara untuk membedakan materai palsu dengan materai asli secara kasat mata. Pertama, permukaan gambar materai asli akan terasa kasar jika diraba (tactile effects).

Kedua, pada area blok roset pojok kanan bawah materai asli dapat berubah warna jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

Selain itu, jika diamati dengan cermat pada bagian hologram akan terlihat lambang Garuda Pancasila yang jelas dan rapi, logo kementerian keuangan dan teks 'Pajak' berukuran kecil. Lalu, jika diamati bentum perforasi bulat, oval, dan bintang. Bentuk dan jarak antar lubang seragam dan rapi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bea materai
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top