AKP Akan Jadi Partai Tunggal Penguasa Di Turki

Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) akan memimpin Turki sendirian setelah meraih mayoritas kursi di parlemen dalam pemilihan umum kemarin
John Andhi Oktaveri | 02 November 2015 11:19 WIB
Perdana Menteri Turki, Ahmet Davuto?lu. - twitter

Bisnis.com, JAKARTA--Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) akan memimpin Turki sendirian setelah meraih mayoritas kursi di parlemen dalam pemilihan umum kemarin.
AKP meraih 49,4% suara mengalahkan Partai Republik Rakyat (CHP) yang hanya meraih 25,4% suara. Sedangkan partai sayap kanan Partai Aksi Nasional (MHP) mendapatkan suara 11,9% dan partai sayap kiri Partai Demokratik pro-Kurdi (HDP) 10,7%.
AKP dipastikan meraih 316 dari 550 kursi parlemen. Dengan demikian partai itu tidak perlu berkoalisi untuk membentuk pemerintahan. Sesuai konstitusi, diperlukan 276 kursi untuk membentuk pemerintahan.
CHP meraih 134 kursi, HPD dengan 59 kursi, dan MHP menguasai 41 kursi.
PM Turki Ahmet Davutoglu mengatakan bahwa terlepas dari apakah warga menggunakan hal pilih mereka, sebanyak 78 juta warga Turki harus saling berangkulan menyambut kemenangan AKP.
"Tidak ada lagi rival atau musuh. Yang hanya ada hanya kasih sayang," ujar Davutoglu saat berbicara di Konya sebagaimana dikutip aljazeera.com, Senin (2/11/2015).
Pemilu itu diadakan di tengah ketidakstabilan kondisi dalam negeri Turki dan kian panasnya perang saudara di Suriah. Beberapa bom meledak dalam beberapa bulan terakhir sehingga mengakibatka jatuhnya korban.

Sumber : aljazeera.com

Tag : turki, parlemen
Editor : John Andhi Oktaveri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top