Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DATA DEMOGRAFI: Genjot Peluang Pembangunan Ekonomi RI

Peneliti Ekonomi Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan, selain sektor maritim, kondisi demografi Indonesia memberikan tantangan dan peluang tersendiri bagi sektor pembangunan
 Ilustrasi./
Ilustrasi./

Bisnis.com, JAKARTA -- Peneliti Ekonomi Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan selain sektor maritim, kondisi demografi Indonesia memberikan tantangan dan peluang tersendiri bagi sektor pembangunan.

“Bonus demografi menggambarkan struktur demografi Indonesia saat ini yang sebenarnya merupakan peluang jika dikelola dengan tepat akan menjadi lompatan percepatan bagi pembangunan nasional. Bonus demografi akan merubah lansekap pembangunan ekonomi di masa mendatang,” jelas Zamroni dalam diskusi publik di Auditorium LIPI, Jakarta, Jumat (11/9/2015).

Di sisi lain, kata dia, bonus demografi ini membawa tantangan dalam hal ketahanan pangan, penyediaan jaminan sosial dan penciptaan perekonomian yang inklusif.

“Dapat dikatakan saat ini Indonesia cukup rentan dalam hal kedaulatan pangan nasional dilihat dari ketergantungan masyarakat terhadap beras sebagai makanan pokok, namun tidak diimbangi dengan ketersediaan pasokan yang mencukupi yang memaksa pemerintah untuk mengandalkan impor,” pungkasnya.

Berbagai isu seputar bonus demografi, program perlindungan sosial, dan diversifikasi pangan terus menyumbangkan permasalahan tersendiri bagi pembangunan di Indonesia. Untuk itu, pemerintah juga perlu jeli melihat peluang untuk menguatkan perekonomian Indonesia kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper