Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri MICE Diprediksi Gairahkan Ekonomi Sulsel

Industri MICE yang semakin menunjukkan peningkatan signifkan sepanjang tahun ini bakal menjadi segmen yang memberikan kontribusi terbesar terhadap perekonomian Sulsel pada 2015.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Kabar24.com, MAKASSSAR - Industri MICE yang semakin menunjukkan peningkatan signifkan sepanjang tahun ini bakal menjadi segmen yang memberikan kontribusi terbesar terhadap perekonomian Sulsel pada 2015.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel Jufri Rachman mengatakan kendati sebagian besar perhelatan MICE hanya dipusatkan di Makassar, namun memberikan efek yang cukup signifkan terhadap kabupaten/kota di sekitarnya terkhusus untuk sektor pariwisata.

"MICE skala nasional maupun regional ikut mendorong angka kunjungan wisatawan pada beberapa destinasi. Dan bisa dikatakan, MICE ini secara umum sektor yang paling menggairahkan ekonomi Sulsel tahun ini," katanya, Senin (7/9/2015).

Dia menjelaskan pada setiap perhelatan MICE skala besar, terdapat kecenderungan peserta meluangkan waktu untuk berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Sulsel yang dilakukan pada saat seluruh rangkaian acara utama berakhir.

Gencarnya sejumlah agenda pertemuan, insentif, konvensi dan eksebisi (meeting, incentive, convention dan exhibition/MICE) yang di laksanakan di Makassar bahkan menyedot angka kunjungan secara rerata mencapai ribuan hingga puluhan ribu peserta per MICE yang disesuaikan dengan skala kegiatan.

Menurut Jufri, kondisi tersebut ditopang pula penyediaan fasilitas MICE di Sulsel yang paling representatif di wilayah timur Indonesia dan dapat mengakomodir peserta dalam skala besar.

"Sektor pariwisata kita juga sangat merasakan ini, angka kunjungan meningkat signifikan, tingkat okupansi hotel tinggi dan yang tidak kalah pentingnya UMKM kita juga banyak mendapatkan untung terkhusus untuk oleh-oleh khas Makassar," papar Jufri.

Berdasarkan catatan Bisnis, sejumlah kegiatan yang menyedot peserta dengan jumlah yang cukup besar di antaranya Muktamar Muhammadiyah ke-47, O2SN, TAA-AAJI 2015, Femme 2015 serta bebrapa kegiatan skala internasional yang dijadwalkan dihelat yakni Asean Mayor Forum 2015, Ambassador Meeting 2015 dan lainnya.

Selain itu, terdapat pula sejumlah agenda MICE pada beberapa sektor seperti otomotif, TI, pembangunan dan lainnya yang bakal berlangsung speanjang semester II/2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper