Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUSIM HAJI 2015: Jamaah Haji Diimbau Hindari Selfie Bersama Unta

Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, mengimbau kepada seluruh calon jamaah haji (calhaj) dari kabupaten Bengkalis untuk tidak berfoto bersama unta selama di Tanah Suci.
Virus Corona penyebab sindrom pernapasan MERS/bbc.co.uk
Virus Corona penyebab sindrom pernapasan MERS/bbc.co.uk

Kabar24.com, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, mengimbau kepada seluruh calon jamaah haji (calhaj) dari kabupaten Bengkalis untuk tidak berfoto bersama unta selama di Tanah Suci.

Larangan ini disampaikannya guna mencegah penularan penyakit sindrom pernafasan Timur Tengah (middle east respiratory syndrome/MERS).

MERS adalah penyakit mematikan, rentan menyerang orang berusia lanjut yang dapat ditularkan melalui unta yang terinfeksi.

"Kepada seluruh calhaj Kabupaten Bengkalis saya pesan supaya jangan selfie atau foto-foto bareng unta. Jangan ada calhaj yang foto dengan unta agar terhindar dari penularan penyakit MERS," ujar Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis, H Ahmad Syah, Jumat.

Selain itu, seluruh calhaj juga harus bisa mengantisipasi suhu panas yang akan terjadi di Arab Saudi pada musim haji tahun ini. Lantaran suhu Tanah Suci pada musim haji 2015 diperkirakan di atas 40 derajat celcius.

"Misalnya membawa air minum. Agar tidak terjadi masalah, seperti dehidrasi karena cuaca sangat panas, tidak usah malu bawa air minum, sebab pada musim haji tahun ini suhu udara di Arab Saudi diperkirakan bisa menembus angka 53 derajat celsius. Sementara di Tanah Air hanya berkisar 37-38 derajat celcius," ujar Ahmad Syah lagi.

Larangan dan imbauan ini disampaikan sebagai tindak lanjut dari imbauan Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek melalui berbagai media agar calhaj Indonesia tidak berfoto bersama unta selama berada di Tanah Suci Mekkah, menggunakan masker, bereprilaku hidup bersih, serta tidak berada di tempat keramaian yang dianggap tidak perlu.(antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper