Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKSEKUSI MATI, Brasil Evaluasi Hubungan Dengan Indonesia

Pemerintah Brasil akan mengevaluasi hubungan dengan Indonesia menyusul eksekusi mati terhadap warganya, Rodrigo Gularte, di Nusakambangan, Jawa Tengah, Rabu dini hari ini.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah Brasil akan mengevaluasi hubungan dengan Indonesia menyusul eksekusi mati terhadap warganya, Rodrigo Gularte, di Nusakambangan, Jawa Tengah, Rabu (29/4/2015) dini hari ini.

Gularte merupakan warga kedua Brasil yang dieksekusi setelah Marco Archer Cardoso Moreira pada Januari lalu.

Pernyataan resmi dari pemerintah Brasil sesaat setelah eksekusi itu menyebutkan bahwa Indonesia ‘tidak sensitif dengan permohonan kemanusiaan Presiden Dilma Rousseff’.

Sebelumnya, Rousseff memohon kepada Presiden Joko Widodo untuk mengampuni Gularte karena yang bersangkutan mengidap gangguan jiwa.

Namun, karena Indonesia berkeras mengeksekusi Gularte, maka Rousseff mengatakan hal itu ‘menandai peristiwa serius dalam hubungan antara kedua negara’.

Kementerian Luar Negeri Brasil mengaku tengah mempertimbangkan hubungan dengan Indonesia. Setelah menarik duta besarnya dari Jakarta, pemerintah Brasil mengatakan tidak berencana untuk menempatkan duta besar pengganti.

“Lantaran permohonan kami mendapat balasan yang tidak memuaskan, kami akan mengevaluasi untuk mempertimbangkan sikap apa yang harus kami ambil terhadap Indonesia mulai sekarang,” ujar Wakil Menteri Luar Negeri Brasil, Sergio Franca Danese sebagaimana dikutip BBC.co.uk, Rabu (29/4/20156).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : bbc.co.uk
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper