Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

EKSEKUSI MATI, Brasil Evaluasi Hubungan Dengan Indonesia

Pemerintah Brasil akan mengevaluasi hubungan dengan Indonesia menyusul eksekusi mati terhadap warganya, Rodrigo Gularte, di Nusakambangan, Jawa Tengah, Rabu dini hari ini.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 29 April 2015  |  11:10 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah Brasil akan mengevaluasi hubungan dengan Indonesia menyusul eksekusi mati terhadap warganya, Rodrigo Gularte, di Nusakambangan, Jawa Tengah, Rabu (29/4/2015) dini hari ini.

Gularte merupakan warga kedua Brasil yang dieksekusi setelah Marco Archer Cardoso Moreira pada Januari lalu.

Pernyataan resmi dari pemerintah Brasil sesaat setelah eksekusi itu menyebutkan bahwa Indonesia ‘tidak sensitif dengan permohonan kemanusiaan Presiden Dilma Rousseff’.

Sebelumnya, Rousseff memohon kepada Presiden Joko Widodo untuk mengampuni Gularte karena yang bersangkutan mengidap gangguan jiwa.

Namun, karena Indonesia berkeras mengeksekusi Gularte, maka Rousseff mengatakan hal itu ‘menandai peristiwa serius dalam hubungan antara kedua negara’.

Kementerian Luar Negeri Brasil mengaku tengah mempertimbangkan hubungan dengan Indonesia. Setelah menarik duta besarnya dari Jakarta, pemerintah Brasil mengatakan tidak berencana untuk menempatkan duta besar pengganti.

“Lantaran permohonan kami mendapat balasan yang tidak memuaskan, kami akan mengevaluasi untuk mempertimbangkan sikap apa yang harus kami ambil terhadap Indonesia mulai sekarang,” ujar Wakil Menteri Luar Negeri Brasil, Sergio Franca Danese sebagaimana dikutip BBC.co.uk, Rabu (29/4/20156).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brasil Eksekusi Mati hukuman mati

Sumber : bbc.co.uk

Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top