Polri Beri Sinyal Hentikan Kasus Menteri Susi

Kepolisian akan langsung menghentikan penyelidikan dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kepada pemilik kapal MV Hai Fa, apabila tidak menemukan bukti yang cukup.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 13 April 2015  |  18:34 WIB
Polri Beri Sinyal Hentikan Kasus Menteri Susi
Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/3/2015). - JIBI/Akhirul Anwar

Bisnis.com, JAKARTA - Kepolisian akan langsung menghentikan penyelidikan dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kepada pemilik kapal MV Hai Fa, apabila tidak menemukan bukti yang cukup.

Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Badrodin Haiti mengatakan pihaknya akan tetap memproses laporan dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan Menteri Susi. Akan tetapi, Kepolisian tidak akan melanjutkan penyelidikannya, jika tidak menemukan bukti yang cukup.

“Laporan itu kan akan diproses melalui penelitian dan penyelidikan, tetapi kalau tidak ada unsur tindak pidananya, akan kami hentikan,” katanya di Kantor Presiden, Senin (13/4/2015).

Komjen Pol Badrodin Haiti menuturkan saat ini Badan Reserse dan Kriminal Polri (Bareskrim) Polri masih melakukan penyelidikan untuk memastikan kelengkapan alat buktinya.

Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan, mengatakan hingga kini dirinya belum mendapat panggilan dari Bareskrim Polri terkait laporan dugaan pencemaran nama baik yang dilakukannya.

“Karena dia [pemilik kapal MV Hai Fa] merasa hebat, lebih hebat dari Indonesia hebat [makanya melaporkan],” ujarnya.

Sebelumnya, Susi dilaporkan karena pemilik kapal MV Hai Fa tidak terima kapalnya disebut sebagai kapal ilegal. Padahal, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menyampaikan sejumlah pelanggaran yang dilakukan kapal asal China tersebut.

Meski sudah ditangkap dengan dugaan mencuri ikan di perairan nasional, majelis hakim pengadilan perikanan di Pengadilan Negeri Ambon memutuskan kapal MV Hai Fa harus dikembalikan kepada pemiliknya, dan mendenda nakhoda kapal itu Zhu Nian Le sebesar Rp200 juta, subsider enam bulan kurungan penjara.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pencemaran nama baik, Susi Pudjiastuti, kapal mv hai fa

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top