Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

IAIN Raden Fatah Palembang Jadi Universitas

Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin mengatakan Institut Agama Islam Negeri Raden Fatah Palembang resmi menjadi Universitas Islam Negeri setelah adanya keputusan presiden lalu.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 13 November 2014  |  12:55 WIB
Dengan telah menjadi UIN tersebut maka pihaknya akan menambah fakultas seperti kedokteran, serta ilmu politik dan ilmu sosial.  - facebook
Dengan telah menjadi UIN tersebut maka pihaknya akan menambah fakultas seperti kedokteran, serta ilmu politik dan ilmu sosial. - facebook

Bisnis.com, PALEMBANG - Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin mengatakan Institut Agama Islam Negeri Raden Fatah Palembang resmi menjadi Universitas Islam Negeri setelah adanya keputusan presiden lalu.

"Dengan resminya menjadi UIN maka kualitas pendidikan harus terus ditingkatkan," kata menteri saat berbicara di hadapan dosen dan mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang, Kamis (13/11/2014).

Menteri mengatakan pihaknya terus berupaya dalam mendukung IAIN menjadi UIN. Dukungan antara lain mengusahakan bantun pembangunan dana dari Bank Pembangunan Asia.

Itu sudah disetujui yang diharapkan pembangunan kampus barunya dapat dilaksanakan secepat mungkin.

Mengenai dana bantuan dari luar tersebut sekitar 420 miliar sama dengan UIN lainnya.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof Aflatun Muchtar mengatakan institut agama Islam menjadi UIN sesuai dengan kepres yang terbit pada pertengahan Oktober 2014.

Dengan telah menjadi UIN tersebut maka pihaknya akan menambah fakultas seperti kedokteran, serta ilmu politik dan ilmu sosial.

Mengenai pembangunan kampus sendiri, menurut dia, segera dimulai di kawasan Jakabaring Palembang yang lahannya hibah dari Pemerintah Provinsi Sumsel.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan pembangunan kampus UIN itu memanang ditargetkan rampung 2020. Namun, pihaknya minta kepada menteri untuk diselesaikan pada 2018 bersamaan pelaksanaan Asian Games.

Perlunya dukungan tersebut karena pembangunan kampusnya antara lain bantuan dana melalui bank luar negeri sehingga harus lancar dan itu tidak terlepas peran menteri, tambah dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

universitas iain

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top