Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JOSEPH SMITH "Sang Nabi" Kaum Mormon Ini Ternyata Punya Istri Lebih dari 40 Orang

Joseph Smith, pendiri sekte Mormon, aliran yang sejak dulu mengizinkan poligami, ternyata memiliki 40 orang istri termasuk yang baru berusia 14, demikian informasi dari gereja.
Pendiri Gereja Mormon Joseph Smith/Reuters-Library of Congress
Pendiri Gereja Mormon Joseph Smith/Reuters-Library of Congress

Bisnis.com, WASHINGTON --Sebuah kabar tentang pendiri sekte Mormon, yang terpendam selama ratusan tahun, diungkap ke permukaan.

Joseph Smith, pendiri sekte Mormon, aliran yang dulu mengizinkan poligami, ternyata memiliki 40 orang istri termasuk yang baru berusia 14, demikian informasi dari gereja.

Smith (1805-1844) yang mendirikan gereja "Santo Hari Terakhir", nama resmi gereja Mormon, oleh penganutnya dipandang sebagai nabi.

Gereja Mormon dalam esai di dunia maya bulan lalu mengatakan bahwa Smith diperkirakan memiliki antara 30-40 orang istri, beberapa di antaranya malah perempuan yang sudah menikah.

Bahkan seperti dilansir Reuters, berdasar keterangan dari pihak gereja, Joseph Smith disebut telah menikah dengan sekitar 40 wanita termasuk seorang anak berusia 14 tahun dan seorang wanita istri salah satu pengikutnya.

Informasi itu baru terungkap setelah selama 200 tahun pria yang dianggap pengikutnya sebagai nabi ini diyakini hidup monogami alias punya satu istri.

Harian The New York Times, pertamakali menyiarkan pengungkapan tersebut, Selasa (11/11/2014), mengatakan bahwa Smith mungkin tidak melakukan hubungan badan dengan semua perempuan itu karena beberapa dari mereka "disegel" untuk kehidupan mendatang.

Esai Mormon mengatakan, perempuan tertua yang disegel untuk Smith berusia 56 tahun dan yang termuda 14 tahun.

"Menikah dalam usia tersebut untuk masa kini tidak memenui standar tetapi pada masanya dianggap sah," demikian esai tersebut seperti dikutip Antara dari Kantor Berita AFP.

"Seorang malaikat menghampiri Smith tiga kali antara 1834 dan 1842 serta memerintahkannya untuk melakukan pernikahan jamak bila ingin maju ke depan."

Dalam kunjungan ketiga, malaikat seharusnya akan membunuh Smith dengan pedang bila ia mengabaikan permintah tersebut. Demikian esai tersebut.

Sementara menurut The Times, Smith sudah lama digambarkan sebagai pria yang setia terhadap istri pertamanya, Emma.

Laman resmi Mormon menyatakan bahwa untuk saat ini "poligami dilarang... sudah berlangsung selama seabad."

Namun poligami merupakan bagian dari ajaran gereja itu selama hampir 50 tahun pada masa awal pendirian gereja.

Gereja Mormon menurunkan sejumlah esai dengan berbagai topik dalam beberapa bulan ini termasuk mengenai pencabutan larangan warga kulit hitam untuk menjadi pendeta pada 1978.

Pihak gereja mengaku memiliki 15 juta pengikut di seluruh dunia termasuk enam juta di Amerika Serikat.

Agama tersebut juga dikenal luas di dunia dengan ajarannya mengirim misionaris muda ke seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : Antara/Reuters/AFP

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper