Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIPI: Demokrasi Indonesia Harus Ala Indonesia

Pakar politik dari LIPI Siti Zuhro menyatakan bahwa demokrasi Indonesia harus ala Indonesia, bukannya mengikuti demokrasi liberal seperti di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jerman dan Prancis.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Pakar politik dari LIPI Siti Zuhro menyatakan bahwa demokrasi Indonesia harus ala Indonesia, bukannya mengikuti demokrasi liberal seperti di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jerman dan Prancis.

Menurutnya, demokrasi Indonesia tidak bisa didikte oleh negara lain seperti Amerika Serikat. Karena itu seusai pemiluihan presiden, masyarakat harus berorientasi politik yang sama, yaitu membangun Indonesia yang berdaulat, bermartabat, dan sejahtera.

Menurut Siti, dalam setiap kontestasi jangan lagi menganggap pesaing itu sebagai lawan. Sebab, hal itu bukan watak dalam berdemokrasi, apalagi saling curiga yang akan menimbulkan ketidakpercayaan selain bisa memicu konflik.

“Saya risau kalau seperti ini, semua bermain untuk jangka pendek, padahal yang dibutuhkan dalam demokrasi itu itu adalah check and balances,” tambahnya.

Untuk itu, dia menyarankan Presiden Jokowi nantinya harus menghadirkan format politik baru yang harmoni dan menghargai orang lain.

Bahkan dia menyarankan agar Jokowi menerapkan politik 'meja makan' yakni dengan menemui semua pihak agar dukungan pada pemerintahannya solid.

“Kalau tidak, akan terus memanas, kepala daerah dan wakilnya saling terancam, dan kalau kondisi itu berlanjut akan terjadi pembusukan birokrasi dan kita semua yang dirugikan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper