Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Info haji: Kloter 15 Asal Demak Telat Berangkat

Proses penerimaan calon jamaah haji di asrama haji Donohudan sempat terganggu oleh keterlambatan kedatangan kloter 15 dari Kabupaten Demak.

Bisnis.com, BOYOLALI--Proses penerimaan calon jamaah haji di asrama haji Donohudan sempat terganggu oleh keterlambatan kedatangan kloter 15 dari Kabupaten Demak.

Rombongan calon jamaah haji kloter 15 tiba di Asrama Haji Donohudan terlambat setengah jam dari jadwal kedatangan yang ditetapkan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

Keterlambatan tersebut membuat jadwal registrasi dan pengecekan kesehatan calon jamaah molor. Akibatnya, ratusan jamaah haji kloter 16 terpaksa menunggu satu jam di masjid dan parkiran sebelum bisa memasuki asrama.

Pejabat Humas PPIH Solo Badrusalam mengatakan seharusnya jamaah haji kloter 15 sudah tiba pada sebelum pukul 10.00 WIB agar seluruh proses penerimaan bisa selesai sebelum kloter selanjutnya tiba.

Pelayanan calon jamaah di embarkasi haji meliputi antara lain pemeriksaan barang bawaan, registrasi, pemberian paspor dan living cost, serta pengecekan kesehatan. Proses penerimaan calon jamaah untuk memasuk asrama biasanya membutuhkan waktu minimal 2 jam.

“Ini kloter 16 masih menunggu, belum bisa masuk gedung Jedah karena masih ada kloter 15 yang belum selesai tes kesehatan,” kata Badrusalam, Sabtu (6/9).

Salah seorang petugas yang mendampingi calon jamaah kloter 16, Warno, mengatakan keterlambatan sebentar saja pasti menyulitkan panitia menepati jadwal.

“Kalau seperti ini mengumpulkannya jadi sulit lagi. Jadi pasti butuh waktu lagi untuk memanggil agar kumpul per rombongan lagi,” kata Warno.

Sebagian calon jamaah kloter 16 yang berasal dari Kabupaten Demak menunggu waktu registrasi dengan beribadah di masjid, sedangkan sebagian lain menggunakan kesempatan tersebut untuk menghampiri kerabat pengantar di pagar asrama.

Para pengantar datang ke Asrama Haji Donohudan di Boyolali dengan menggunakan kendaraan pribadi dan bus sewaan dari berbagai daerah di Kabupaten Demak. Mereka sudah berkerumun di pagar asrama sejak pagi menunggu kesempatan bertemu dengan calon jamaah.

Asrama Haji Donohudan hari ini (Sabtu 6/9) dijadwalkan menerima 4 kloter calon jamaah haji. Setelah menerima kloter 15 dan kloter 16 dari Kabupaten Demak, pada sore hari kloter 17 dan kloter 18 akan tiba dari Semarang.

Keempat kloter tersebut dijadwalkan berangkat dari Bandara Adi Sumarmo ke Arab Saudi mulai besok dini hari.

Sampai jadwal keberangkatan haji hari keenam, PPIH Solo telah memberangkatkan 5.202 calon jamaah haji dari 26.538 calon jamaah haji yang rencananya berangkat melalui Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper