Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waspada, Tinggi Gelombang Laut Babel Capai 3,5 Meter

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kota Pangkalpinang memperkirakan ketinggian gelombang laut di perairan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Selasa (5/8/2014) meningkat dari tiga meter menjadi 3,5 meter.
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PANGKALPINANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kota Pangkalpinang memperkirakan ketinggian gelombang laut di perairan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Selasa (5/8/2014) meningkat dari tiga meter menjadi 3,5 meter.

"Ketinggian gelombang laut ini diprakirakan meningkat dari beberapa hari sebelumnya yang berkisar antara dua hingga tiga meter," kata staf Koordinator Unit Analisis Kantor BMKG Pangkalpinang Omar Mukhtar di Pangkalpinang, seperti dikutip Antara, Senin (4/8/2014).

Menurutnya, kondisi itu harus diwaspadai oleh para nelayan tradisional karena cuaca seringkali berubah-ubah sehingga memicu naiknya gelombang laut.

"Nelayan tradisional diharapkan selalu meningkatkan kewaspadaan dengan segala kemungkinan yang akan terjadi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat beraktivitas di laut," ujarnya.

Ketinggian gelombang ini, kata Omar, berpotensi terjadi di Selat Karimata dan Utara Bangka dengan kecepatan angin mencapai 39 kilometer per jam.

Dia menjelaskan ketinggian gelombang laut di perairan Babel lainnya yakni Selat Gelasa mencapai tiga meter disertai angin dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 35 kilometer per jam.

"Sedangkan kondisi gelombang laut di Selat Bangka dan Selatan Bangka diprakirakan berkisar antara satu hingga dua meter dengan kecepatan angin mencapai 34 kilometer per jam," katanya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan satelit cuaca, kondisi sebagian daratan Babel masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

"Potensi hujan hanya terjadi di kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur sedangkan dua kabupaten/kota lainnya hanya berawan dan tidak berpotensi turunnya hujan," ujarnya.

Menurutnya, kecepatan angin didaratan ini masih normal yakni berkisar antara lima hingga 25 kilometer per jam dari tenggara menuju selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper