Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MAKASSAR NEW PORT: Pelindo IV Finalisasi Rencana Awal Proyek

PT Pelabuhan Indonesia IV berencana melakukan konsultasi final ke Kementerian Perhubungan terkait persiapan pengerjaan Makassar New Port.

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia IV berencana melakukan konsultasi final ke Kementerian Perhubungan terkait persiapan pengerjaan Makassar New Port.

Direktur Utama Pelindo IV Mulyono mengemukakan konsultasi terakhir itu merupakan rangkaian finalisasi pengerjaan proyek MNP tahap pertama.

"Dalam waktu dekat kita akan ke Kemenhub, nanti setelah itu kita akan menggelar pemancangan tiang pertama [groundbreaking] MNP tahap I untuk fase awal yang meliputi pembangunan dermaga maupun infrastruktur dasar pelabuhan," katanya usai bertemu Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Selasa (10/6/2014).

Adapun, tahap awal pengerjaan MNP akan dilakukan pematangan lahan konsesi sepanjang 320 meter yang dipersiapkan untuk menjadi dermaga pelabuhan.

Untuk mendukung rencana tersebut, kata Mulyono, perseroan menyiapkan anggaran mencapai Rp350 miliar untuk reklamasi maupun pengerjaan fisik dermaga dan penempatan alat bongkar muat.

Menurut dia, molornya pengerjaan MNP disebabkan oleh revisi detail engineering desaign (DED) tersebut, di mana perseroan meminta penambahan panjang area konsesi dari 200 meter menjadi 320 meter.

"Seluruh persiapan sebenarnya sudah kita matangkan, tinggal menunggu konsultasi final dengan Kementerian untuk selanjutnya groundbreaking dan pengerjaan fisik MNP," tuturnya.

Mulyono menjelaskan, pengerjaan MNP direncanakan menjadi tiga tahapan, di mana setiap tahapan terbagi dalam beberapa fase pengerjaan fisik.

"Jadi anggaran Rp350 miliar itu dialokasikan ke pengerjaan fase awal untuk pembangunan MNP tahap pertama," ungkapnya.

Secara terperinci, tahap pertama diperkirakan berdurasi 4 tahun  dengan investasi mencapai Rp2 triliun untuk pengembangan dermaga, akses jalan, reklamasi pantai dan pengadaan alat bongkar muat.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper