Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENDIDIKAN S1/S2: Persiapan Kuliah di Luar Negeri (Bagian I)

Sekolah di luar negeri memang idaman banyak orang. Sekarang tidak sedikit tawaran beasiswa dari negara-negara di Eropa, Amerika, hingga Australia. Namun, adakalanya keinginan melanjutkan belajar ke jenjang lebih tinggi di negeri orang menggunakan biaya sendiri.
 Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Sekolah di luar negeri memang idaman banyak orang. Sekarang tidak sedikit tawaran beasiswa dari negara-negara di Eropa, Amerika, hingga Australia. Namun, adakalanya keinginan melanjutkan belajar ke jenjang lebih tinggi di negeri orang menggunakan biaya sendiri.

Bila telah memantapkan niat sekolah di luar negeri dengan merogoh dompet pribadi, sebaiknya memperhatikan beberapa hal. Senior Advisor Education USA Indonesia American Indonesia Exchange Foundation (Aminef) Antje M. Harsono mengatakan untuk sekolah ke luar negeri, terutama ke Amerika Serikat minimal harus dipersiapkan selama 18 bulan.

“Untuk siswa yang masih duduk di bangku SMA, minimal harus mempersiapkan sejak dia kelas 2 SMA,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Persiapan itu tidak hanya untuk siswa SMA yang ingin melanjutkan kuliah strata satu di Negeri Paman Sam. Mahasiswa yang ingin melanjutkan sekolah S2 di Amerika Serikat juga sebaiknya memiliki persiapan minimal 1,5 tahun sebelum benar-benar mantap untuk terbang ke sana.

Dalam waktu persiapan tersebut, setidaknya calon mahasiswa telah memiliki gambaran bagaimana membiayai kehidupan di Amerika Serikat. Antje mengatakan tidak sedikit mahasiswa asing yang bekerja sambilan mulai dari pelayan toko hingga menjadi asisten dosen untuk uang jajan mereka.

“Saat hari biasa, mahasiswa asing bisa mengambil jam kerja 20 jam dalam sepekan, dan tidak terbatas waktu saat libur musim panas,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Inda Marlina
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper