Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Areal Kebun Binatang Surabaya Diperluas

Pemerintah Kota Surabaya akan memperluas Kebun Binatang Surabaya (KBS) dengan mengalihkan lahan parkir ke Terminal Joyoboyo.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 26 Maret 2014  |  17:38 WIB

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya akan memperluas Kebun Binatang Surabaya (KBS) dengan mengalihkan lahan parkir ke Terminal Joyoboyo.

Langkah tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Surabaya untuk mengembalikan kejayaan KBS pada tahun 70-an.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan perluasan tersebut perlu dilakukan karena okupansi satwa KBS sudah over kapasitas. Hingga saat ini satwa KBS ada sekitar 3.400 satwa dengan 190 spesies.

"Lahan parkir 2 hektare di KBS akan dipindahlan ke terminal Joyoboyo, nanti rencananya di bawah untuk terminal dan bagian atas gedung parkirnya," katanya dalam Seminar Bersama Membangun Kejayaan KBS, di Kantor Pemkot Surabaya, Rabu (26/3/2014).

Risma mengatakan nantinya luas total KBS 15 ha dimanfaatkan untuk kandang-kandang baru termasuk ruang isolasi dan karantina, pasalnya selama ini ruang karantina yang berfungsi sebagai ruang satwa baru dan ruang isolasi untuk satwa sakit masih menjadi satu.

"Yang jelas di area KBS tidak ada tempat parkir, nanti parkirnya di terminal Joyoboyo lalu pengunjung diangkut menuju KBS, ini juga terkait dengan perencanaan mass rapid transit (MRT) kami," ujarnya.

Selain itu, Pemkot Surabaya juga berencana ingin membeli lahan milik PT Kereta Api Indonesia yang kebetulan berada persis di sisi barat KBS. "Kalau bisa mungkin akan kita beli sehingga KBS semakin luas," ujarnya.



Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kbs kebun binatang surabaya
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top